Kamis, 26 Apr 2018 08:12 WIB

Vladimir Putin Pakai Mobil Buatan Rusia Sebagai Mobil Presiden

Dina Rayanti - detikOto
Limosin baru Vladimir Putin. Foto: Drivespark
Moscow - Presiden yang bakal menggunakan mobil baru bukan cuma Donald Trump, ada Presiden Rusia Vladimir Putin. Putin dalam waktu dekat bakalan menggunakan limo kepresidenan yang disapa Kortezh.

Kortezh merupakan limosin untuk kepresidenan yang dibuat oleh Rusia dan telah melalui rangkaian tes keamanan. Karena Putin baru saja memenangi pemilu presiden baru-baru ini, maka ialah berhak menumpangi mobil tersebut.

Limo baru untuk Putin itu dikembangkan bersama Porsche dan juga Bosch. Menteri Perdagangan dan Industri rusia menyebut mobil bakal dipamerkan ke publik sebentar lagi. Saat ini, belum banyak informasi soal Kortezh terkait dengan isu keamanan.


Dari beberapa foto yang tersebar di dunia maya, Kortezh buat Putin ini mirip dengan Rolls-Royce. Sebuah sumber juga mengatakan Putin terlibat langsung saat mobil dikembangkan. Bahkan ia sempat mengetes mobil saat masih prototipe di sela-sela jadwalnya yang padat.

Kortezh diprediksi bakal menggendong mesin Porsche berkapasitas 4.6 L twin-turbocharged V8 yang bisa menghasilkan tenaga setara 592 daya kuda dan torsi hampir 900 Nm. Mesin dipasangkan dengan transmisi 9 percepatan.

Jadi mobil kepresidenan, Kortezh tentu dilengkapi dengan tingkat keamanan nomor wahid. Bodi tebal dengan lapisan anti-peluru, tahan akan zat kimia, kantong darah, amunisi, serta jendela dan ban yang tahan terhadap tembakan hingga misil semua ada di mobil Putin.


Putin saat ini menggunakan W221 Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard sebagai limo kepresidenan. Mercy Putin ini juga dilengkapi serangkaian fitur keamanan canggih. Tapi kembali lagi, Mercy merupakan merek Jerman. Mungkin ini yang jadi pertimbangan Putin untuk mulai mengembangkan mobil merek Rusia sebagai mobil kepresidenan.

Beda dengan The Beast milik Donald Trump, Kortezh ini juga bisa dibeli oleh masyarakat biasa. Ada tiga model yang bakal ditawarkan mulai dari Sedan, MPV, dan SUV. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com