Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 17 April 2018, 18:47 WIB

Obama Pernah Dilarang Secret Service Saat Mau Motoran Sendiri

Dina Rayanti - detikOto
Obama Pernah Dilarang Secret Service Saat Mau Motoran Sendiri Mantan presiden AS Barack Obama mengaku dilarang mengendarai motor sendiri oleh secret service. Foto: Dok. REUTERS/Jim Bourg
Washington DC - Setiap pemimpin negara pasti mendapat pengawalan ketat untuk melindungi keamanan dirinya. Banyak hal juga yang tidak bisa dilakukan sendiri oleh para pemimpin negara layaknya orang biasa.

Seperti misalnya kalau seseorang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat nih Otolovers. Mengendarai kendaraannya sendiri saja tidak dibolehkan dengan alasan keamanan sang presiden.


Mantan presiden AS Barack Obama bahkan pernah mengaku tidak diizinkan untuk mengendarai motor pada sebuah parade kendaraan militer India saat dirinya mengunjungi New Delhi India beberapa tahun silam.

"Secret Service tidak membolehkan saya untuk mengendarai motor apalagi kalau saya yang mengendarainya sendiri," keluh Obama seperti detikOto kutip dari Wall Street Journal.

Obama Pernah Dilarang Secret Service Saat Mau Motoran SendiriPresiden Joko Widodo saat mengendarai motornya sendiri. Foto: Ray Jordan/detikcom

Mungkin kalau motor memang lebih berbahaya daripada mengendarai mobil karena tidak ada perlindungan seperti lapisan mobil anti peluru. Namun, presiden AS juga tidak boleh menyetir sendirian kemana-mana. Kemanapun perginya mereka harus mendapat pengawalan dari Secret Service yang sudah dilatih untuk berkendara dengan baik sekalipun berada di situasi tidak kondusif.


Presiden AS terakhir yang nekat menyetir sendiri di jalanan umum adalah Lyndon Johnson.

Kondisi ini tentunya berbeda dengan presiden Joko Widodo ya Otolovers. Meski harus dikawal oleh pasukan pengaman presiden, Jokowi masih diizinkan untuk menyalurkan hobinya naik motor. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed