Rabu, 14 Mar 2018 14:10 WIB

Mau Touring ke Luar Negeri? Ini Yang Paling Penting Anda Siapkan

Ruly Kurniawan - detikOto
Hauwke (berbaju coklat) dan rekan petualangnya Sunny Rusli. Foto: Ruly Kurniawan Hauwke (berbaju coklat) dan rekan petualangnya Sunny Rusli. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]


Bagi Otolovers yang berniat mencicipi aspal Eropa dengan mobil sendiri pelat B seperti pasangan Teddy-Yana atau Hartawan Setjodiningrat atau biasa dipanggil Hauwke dan Sunny Rusli, harus menyiapkan beberapa hal.

Yang paling penting adalah asuransi. Dituturkan Hauwke, khusus negara Eropa asuransi merupakan syarat utama. Bahkan dinilai lebih penting daripada STNK. Hal tersebut terbukti dari seringnya pengecekan asuransi di border daripada STNK.



"Di Eropa itu selain paspor yang sangat dilihat adalah asuransi. Ketat sekali itu. Kalau tidak ada, gak boleh dikasih lewat," katanya kepada wartawan.

"Tidak terlalu dicek STNK," tambahnya.

Di kesempatan yang sama Sunny juga memaparkan pentingnya asuransi sebelum melintas di perbatan negara-negara Eropa. "Kalau negara kawasan Schengen, asuransi ketat banget. Kita sampai sempat dapat masalah. Kalau di negara lainnya, dokumen pendukung sangat penting," ujarnya.



Untuk biayanya sendiri, tiap asuransi mematok harga berbeda-beda. Namun sebagai perkiraan, Hauwke dan Sunny mengeluarkan sekitar Rp 5 juta. "Oleh karena itu kita buat asuransi, cukup mahal juga. 300 Euro atau sekitar Rp 5 juta tuh," tutup Hauwke.

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed