Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 09 Agustus 2017, 12:44 WIB

Profil

Kenalan dengan Bos Baru Datsun, Jose Roman

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kenalan dengan Bos Baru Datsun, Jose Roman Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Nissan menunjuk bos baru untuk menangani merek Datsun. Dia adalah Jose Roman yang menjabat sebagai Global Head of Datsun di Nissan Motor Co., Ltd. Per 1 April 2017, Roman menggantikan Vincent Cobee yang dioper ke Mitsubishi Motor Corporation setelah ada aliansi baru Nissan-Mitsubishi. Roman sudah lama malang melintang di dunia otomotif.

"Saya sudah belasan tahun berkarier di bidang otomotif. Saya lahir di Ekuador dan memulai karier di dunia otomotif di sana. Setelah itu saya pindah ke Kolombia yang merupakan pasar yang lebih besar. Lalu saya pindah ke Brasil yang merupakan pasar yang besar, kemudian pindah ke Venezuela, lalu ke Meksiko yang menjadi pasar terbaik untuk Nissan di dunia, lalu saya menangani Nissan LATAM (Amerika Latin)," cerita Roman membuka sesi diskusi dengan wartawan di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Pengalaman Roman menangani negara-negara berkembang itu membuat dia ditunjuk untuk mengepalai merek Datsun secara global. Saat ini, pria lulusan Teknik Sipil di Pontifical Catholic University of Ecuador dan Pascasarjana Pemasaran di San Fransisco de Quito University Ecuador ini memimpin tim Datsun global di Jepang sekaligus tim di berbagai wilayah di dunia di mana Datsun dipasarkan termasuk India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan. Kini, dia bertanggung jawab untuk pertumbuhan merek Datsun, termasuk pengembangan, manufaktur dan pemasaran mobil Datsun.

Menurutnya, Datsun adalah merek yang cocok untuk negara-negara berkembang. Masyarakat yang ingin memiliki mobil tapi dananya terbatas disediakan pilihan mobil terjangkau dari Datsun.

"(Datsun menurut saya) kami menyediakan mobil untuk konsumen yang baru pertama kali ingin memiliki mobil. Sesederhana itu. Mungkin konsumen sebelumnya memakai sepeda motor. Di sini kami menawarkan kesempatan untuk mereka (memiliki mobil). Mereka bisa membeli mobil pertama yang bagus," ucap Roman.

Roman menyebut, karakter konsumen di negara-negara berkembang yang pernah disinggahinya hampir sama. Mereka menginginkan mobil yang bagus, tapi harganya menarik.

"Mereka mau mobil yang berkualitas bagus, harga yang atraktif dan tentu saja merek yang bagus. Di negara berkembang, mobil itu penting. Dan mobil itu merefleksikan image konsumennya. Di Brasil, misalnya, mobil di sana memiliki nama, seperti seorang anak atau binatang peliharaan. Saya pikir di sini (Indonesia) juga mobil merupakan hal yang penting," kata Roman. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +