ADVERTISEMENT
Rabu, 03 Agu 2016 14:34 WIB

Keluarga Aktor Star Trek Tuntut Fiat Chrysler

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Reuters Foto: Reuters
Los Angeles - Keluarga mendiang aktor film Star Trek, Anton Yelchin, akhirnya menuntut Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Keluarga menuduh mobil multinasional itu ke pengadilan atas kelalaian dan produk yang cacat setelah mobil Jeep Grand Cherokee menewaskan anak laki-laki mereka.

Tuntutan keluarga Anton Yelchin adalah yang pertama setelah adanya recall 1,1 juta mobil dan SUV yang dilakukan FCA. Tuntutan disampaikan ke pengadilan tinggi Los Angeles.

Yelchin, pemeran Pavel Chekov di Star Trek, tewas pada 19 Juni lalu ketika mobil Grand Cherokee miliknya mundur tiba-tiba di garasi rumahnya. Mobil itu menghimpit badan Yelchin ke dinding. Dalam tuntutan sebanyak 18 halaman itu, keluarga menuding transmisi mobil yang cacat sebagai penyebab mobil mundur tiba-tiba.

"Terlepas dari kesedihan yang luar biasa, kami memutuskan untuk datang ke pengadilan agar tidak ada lagi keluarga yang mengalami tragedi sama," ujar ayah Yelchin, Victor Yelchin seperti dilansir Reuters, Rabu (3/8/2016).

Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika mengatakan ada cacat pada gear selector di mobil Grand Cherokee yang menyebabkan ratusan insiden kecelakaan dan lusinan korban cedera.

Total ada 68 kasus cedera, 266 kecelakaan, dan 308 laporan kerusakan properti. Kematian Yelchin merupakan yang pertama dalam kasus ini.

FCA sebelumnya sudah mengumumkan penarikan 811.000 mobil di Amerika, termasuk mobil Jeep Grand Cherokee, Dodge Charger dan sedan Chrysler 300. Untuk mengatasi hal ini, FCA akan melakukan upgrade pada perangkat lunak kendaraannya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com