PAMOR
Logo PAMOR

Kamis 15 Februari 2018, 12:31

Honda City Bergaya JDM

  • Honda City Bergaya JDM
    // Mobil
  • Honda City Bergaya JDM
    // Mobil
  • Honda City Bergaya JDM
    // Mobil
  • Honda City Bergaya JDM
    // Mobil
  • Honda City Bergaya JDM
    // Mobil
Modifikasi memang pantas dilakukan demi mendapatkan tampilan mobil yang lebih kece. Namun jika salah memilih konsep modifikasi, tampilan kece pastinya bakal sulit terwujud.

Baca: Parade Modifikasi Mobil dan Motor

Sadar akan hal itu, modifikator Putra Alkonusa asal Jawa Barat yang tergabung dalam komunitas Fixsy Auto Club, memutuskan untuk lebih berhati-hati dalam melakukan modifikasi. Meski demikian Putra menilai memodifikasi yang tidak terlalu ekstrem dengan menonjolkan sisi konsep Japan Domestic Market (JDM), bisa menjadi pilihan tepat untuk Honda City miliknya.

"Konsep modifikasi saya ini JDM, akan tetapi saya juga mengambil dengan tidak terlalu ekstrem. Supaya terlihat fitment," kata Putra.

Baca: Si Hiu Elegan dari Mitsubishi

"Biasanya konsep JDM condong ke racing yang ekstrem, namun karena kendala mobil masih dipakai sehari-hari jadi saya lebih main fashion JDM. Sehingga jika dikendarai sehari-hari pun tidak masalah," tambahnya.

Berbagai perubahan dilakukan, demi mewujudkan tampilan yang lebih oke. Salah satunya dengan perubahan warna dan kaki-kaki agar lebih oke.

"Warna mobil saya ubah dan warna yang saya pilih abu-abu muda solid dipadukan dengan pelek bronze agar mobil terlihat lebih hidup. Tambahan aksesori-nya pada ban saya, berikan Tile Sticker bertuliskan (ENJOY HONDA), agar ban tidak polos banget dan memang dengan memakai stiker tersebut dapat banget nilai racingnya," katanya Putra.

Baca: Modif Yamaha Scorpio TWIN R1V4LZ XPLORE

"Pelek saya memakai spoon honda, cutom ducktail pada belakang mobil supaya terlihat manis. Tadinya saya mau pakai spoiler tetapi sepertinya tidak pantas spoiler dipakai Honda City. Selanjutnya kaca film saya padukan warna hijau kontras 40%, agar terlihat sejuk dan pas dengan tampilan. Tidak lupa kaki-kaki pada mobil saya memakai coil lover pada bagian depan. Agar lebih mudah untuk menaikan suspensi pada shock. untuk setingan kaki depan saya agak turukan sedikit mepet fender dan belakang saya memakai shock standar," jelas Putra.

Sadar tidak hanya membutuhkan tampilan yang oke saja, namun ketangguhan mesin juga dibutuhkan. Putra juga memilih untuk mempermak mesin agar mendukung tampilan yang disajikan.

"Tidak dipungkiri karena memang fashionnya racing saya mau ga mau mesti mengoprek mesin. Supaya tidak malu juga kalau lari, jadi saya berpikir masa iya tampilan racing mesin ting ting (standar)," katanya.

"Dari situ tahap awal saya mengganti Header 4-1 guna untuk performa tarikan awal supaya lebih jozz. Selajutnya pipe-nya pun saya ganti dengan stainless full, mufler saya pakai produk indonesia yang tidak asing lagi yaitu IRONCRAFTS. Dari sini kita mengubah Exhaust saya sudah lumayan menaikan hosepower sekitar 5-10 horsepower," tambahnya.

Tidak puas, Putra ikut melakukan porting polish dan open filter diganti dengan aftermarket agar angin yang masuk ke mesin tidak kurang.

"Karena exhaust dan mesin sudah tidak standar lagi. Open filter saya pilih merk HKS, dengan porting polish dan open filter hosepower naik sekitar 15 horsepower. Selain itu porting polish dan open filter juga akan berpedan untuk mengatur oil yang kotor dan mengatur suhu udara yang di mesin. Saya juga pakai perangkat aftermarket juga yaitu oilcachtank dan selang tambahan memakai samco, tachometer pun tidak lupa untuk interior sebagai penghias," katanya.

Namun untuk bisa memodifikasi Honda City miliknya dengan nuansa JDM, Putra mengaku dilakukan secara bertahap.

"Untuk modifikasi semua ini, saya cicil satu per satu dari mesin terlebih dahulu baru fashion. Waktu yang diperlukan sekitar 3 bulan dan biaya modifikasi racing lumayan mengocek dompet, untuk memodifikasi seperti ini saya habis sekitar Rp 30 jutaan. Memang modifikasi racing lebih berat di bandingkan main stace yang judulnya fasion, namun kepuasan modifikasi racing adalah performa yang dihasilkan mobil tersebut bukan fasion dari tampilan luar tetapi engine-nya," katanya.
Copyright @ 2018 detikcom. All Right Reserved