Ini yang Bikin Moge BMW F 900 R Tetap Nyaman Dipakai Pemula

ADVERTISEMENT

Ini yang Bikin Moge BMW F 900 R Tetap Nyaman Dipakai Pemula

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 09 Feb 2022 13:08 WIB
Jakarta -

Di kelas roadster atau naked, BMW Motorrad Indonesia punya peluru andalan bernama F 900 R. Motor yang dibanderol dengan harga Rp 400 jutaan ini, terbilang pas untuk harian dan juga tak intimidatif untuk awam.

Secara umum, dimensi dari F 900 R ini memang tak intimidatif. Tercatat, panjangnya hanya 2.140 mm, lebarnya 815 mm, dan tingginya 1.130 mm. Kalau tak familiar, lebarnya hanya terpaut 60 mm atau 6 cm dan tingginya panjangnya terpaut 50 mm atau 5 cm dari Yamaha MT-25.

Selain itu, mesin yang diusung oleh BMW untuk F 900 R ini pun tergolong ramah dan linear penyaluran tenaganya. Tenaganya yang buas, tidak membentak saat gas diputar. Sehingga pas untuk yang tak terbiasa menggunakan motor gede.

BMW F 900 R mengusung mesin berpendingin cairan, DOHC, 8 katup. Kapasitas pastinya ada di 895 cc. Mesin dua silinder segarisnya ini menggunakan piston berdiameter 86 mm dan jarak langkah 77 mm.

Di atas kertas, BMW mengklaim mesinnya punya tenaga maksimal 105 HP di 8.500 RPM dan torsi maksimlanya 92 Nm di 6.500 RPM.

Nah di balik mesinnya yang buas ini, ternyata cukup mudah dijinakkan bahkan dipakai oleh awam sekalipun. Itu berkat mode berkendara yang ditanamkan BMW ke F 900 R dari mulai mode Rain yang paling kalem, Road yang natural keluaran tenaganya, hingga Dynamic yang paling sensitif.

BMW F 900 RInstrumen kluster BMW F 900 R Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Selama pengetesan, saat tak ingin memacu adrenalin dan berjalan santai, kami lebih senang menggunakan mode Rain. Penyaluran tenaga terasa dibatasi, meski gas dibetot dalam. Mode ini yang paling pas untuk awam.

Namun ketika dikejar waktu atau ingin buru-buru, colek mode berkendara ke Dynamic dan BMW F 900 R ini siap mengeluarkan tenaga terbaiknya. Meski penyalurannya tetap linear, tapi di mode Dynamic ini terasa tenaga dan torsi keluar lebih instan.

Selain itu, untuk membuat pengendara tetap terkendali, F 900 R sudah dibekali dengan ABS Pro dan ada fitur Dynamic Traction Control yang akan menjaga motor tetap terkendali meski gas dibuka mendadak dan traksi berlebih. Lalu ada juga fitur pengereman seperti Dynamic Brake Control dan Engine Brake Control.

BMW Motorrad menjual motor ini dengan harga yang lumayan menengah di banding moge lain yang mereka jual di Indonesia. F 900 R dibanderol dengan harga Rp 422 juta untuk harga off the road-nya.



Simak Video "Jangan Ngaku Pecinta Otomotif Kalau Nggak Tahu Kepanjangan 'BMW'"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT