Uji Fitur Royal Enfield Meteor 350: Tampil 'Klasikan', Fitur Kekinian

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Sabtu, 24 Jul 2021 13:24 WIB
Royal Enfield Meteor 350 Supernova
Tampilan Royal Enfield Meteor 350 Supernova yang dites oleh tim detikOto Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Meskipun tampil dengan nuansa klasik yang kental, Royal Enfield Meteor 350 ini ternyata hadir dengan beragam fitur-fitur kekinian yang fungsional sehingga bisa lebih memudahkan pengendara saat berkendara.

Dari bagian depan, meskipun lampu utamanya masih menggunakan lampu halogen berwarna kuning, ternyata Royal Enfield memberikan sentuhan modern dengan daytime running light yang melingkar.

Royal Enfield Meteor 350 SupernovaTampilan kaki-kaki depan Royal Enfield Meteor 350 Supernova Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Selain itu, tidak lupa fitur keselamatan Anti-Lock Braking System (ABS) juga dipasangkan Royal Enfield ke Meteor 350 ini. Hadirnya ABS ini, kian menambah percaya diri pengendara yang hendak melakukan pengereman.

Untuk remnya sendiri, Royal Enfield menyematkan rem cakram ukuran 300 mm di depan dan 270 mm di belakang. Cakram ini, dijepit oleh kaliper BYBRE yang merupakan anak perusahaan dari Brembo.

Lalu, sentuhan modern yang paling terasa baru adalah hadirnya fitur Royal Enfield Tripper di instrumen klusternya. Royal Enfield ternyata mendesain instrumen kluster digital berbentuk lingkarang yang sebelah kanan ini, dapat disambungkan ke smartphone via bluetooth.

Setelah smartphone tersambung ke Royal Enfield Tripper ini, kita tinggal membuka aplikasi Royal Enfield dan dapat merubah layar digital ini menjadi penunjuk arah atau navigasi. Kerennya lagi, aplikasi Royal Enfield ini sudah terintegrasi dengan Google Maps, sehingga datanya lebih lengkap dan akurat.

Royal Enfield Tripper di Meteor 350 SupernovaRoyal Enfield Tripper di Meteor 350 Supernova Foto: 20Detik

Namun dari pengetesan kami, Royal Enfield Tripper ini tidak jarang 'crash' dan menyebabkan aplikasinya tertutup secara otomatis. Ini terjadi ketika menggunakan perangkat smartphone Apple iPhone 8 Plus dengan iOS 14.

Meskipun ada masalah minor pada aplikasi Royal Enfield Tripper ini, tapi tidak sampai mengganggu atau membuat fitur canggih ini tidak dapat digunakan.

Menurut kami, hadirnya Royal Enfield Tripper di Meteor 350 ini sangat membantu perjalanan jarak jauh atau perjalanan ke tempat yang baru, sehingga pengendara bisa fokus berkendara tanpa perlu banyak berhenti untuk membuka aplikasi navigasi di smartphone.



Simak Video "Uji Royal Enfield Meteor 350: Gayanya Klasik, Mesin dan Fiturnya Asyik!"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)