Royal Enfield sempat Bikin Motor Diesel, Iritnya Ngalahin Honda BeAT

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 13 Mei 2021 11:18 WIB
Royal Enfield Taurus
Royal Enfield Taurus Foto: Drivespark
Jakarta -

Royal Enfield, pabrikan sepeda motor yang sudah genap 120 tahun, ternyata pernah membuat motor bertenaga diesel. Ya motor racikan pabrikan motor tertua itu dikenal dengan nama Royal Enfield Taurus.

Royal Enfield menjual sepeda motor Bullet bertenaga diesel di India, atau juga dikenal sebagai Royal Enfield Taurus. Motor ini pernah dijual pada era 1980-an dan 2000.

Royal Enfield Taurus adalah sepeda motor diesel pertama dan terakhir di India. Faktanya, tidak ada merek lain yang berpikir untuk membuat sepeda motor diesel produksi masal seserius Royal Enfield.

Dikutip dari Drivespark, dalam hal penghematan bahan bakar, sepeda motor Royal Enfield mungkin bukan pilihan terbaik. Namun, berbeda untuk Taurus.

Royal Enfield Taurus diklaim memiliki jarak tempuh di atas 85km / L. Angka ini bahkan lebih tinggi daripada tolok ukur jarak tempuh di antara kendaraan roda dua, Honda BeAT sekalipun, yang melalui tes internal dengan metode ECE R40, didapatkan hasil konsumsi bahan bakar mampu hingga 60,6 km/liter (fitur ISS on).

Selain irit karena konsumsi bahan bakar, harga solar saat itu juga setengah dari harga bensin. Jadi dinilai lebih ekonomis.

Meskipun diesel Royal Enfield Bullet unggul dalam hal jarak tempuh, itu tidak sama dalam hal kinerja. Royal Enfield Bullet Diesel atau Taurus memiliki mesin satu silinder 325cc. Angka output mencapai 6,5bhp dan torsi 15Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan gearbox 4-percepatan. Mesinnya dibuat oleh Greaves Lombardini di Italia.

Lalu kenapa berhenti? Royal Enfield Bullet Diesel terjegal dalam hal emisi. Sebagai bahan bakar diesel, sepeda motor biasanya mengeluarkan asap hitam pekat. Untuk alasan yang sama, Royal Enfield Taurus tidak dapat melewati batas emisi terbaru yang ditetapkan oleh Pemerintah India.



Simak Video "Uji Royal Enfield Meteor 350: Gayanya Klasik, Mesin dan Fiturnya Asyik!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)