Motor 3 Roda Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance: Bisa Berdiri Tanpa Standar dan Ada Gigi Mundur

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 24 Nov 2020 07:12 WIB
Piaggio MP3 500 HPE
Fitur yang wajib diketahui pengguna Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance. Foto: Rizki Pratama
Jakarta -

Pada dasarnya mengendarai sepeda motor memiliki cara yang sama. Namun, untuk motor-motor kelas atas berteknologi tinggi, ada tata cara atau fitur-fitur yang perlu dipahami pengopersiannya, seperti halnya Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance.

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance adalah skuter matik roda tiga yang cara kerjanya cukup berbeda lantaran punya dua roda di depan. Dengan dua roda tersebut motor dapat berdiri tanpa standar kovensional dengan cara mengunci suspensi depan. Fitur ini sangat nyaman digunakan kala berdiri lama di lampu merah karena kaki tidak perlu turun menahan berat motor. Walaupun punya fitur seperti itu, motor ini tetap dibekali standar tengah.

Nah, bagi yang hendak mencoba atau membeli motor ini sebaiknya paham dulu seperti apa motor bongsor ini. Dengan mesin 500 cc, Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance termasuk motor besar yang berat dan perlu kemampuan berkendara lebih tinggi.

Selain kemampuan berkendara, hal paling penting perlu dipahami adalah soal penguncian suspensi. Perlu diingat, motor ini tidak punya standar seperti motor biasa. Saat berhenti anda perlu mengaktifkan sistem penguncian suspensi ini.

Piaggio MP3 500 HPEPiaggio MP3 500 HPE Foto: Rizki Pratama

Tombol penguncian suspensi ada di bagian setang kanan. Ke kanan untuk membuka dan kek kiri untuk mengunci. Untuk membuka ada dua cara, pertama secara tuas tombol di geser ke kanan sedangkan cara kedua dengan membuka gas. Cara kedua perlu dilakukan dengan hati-hati karena ada sedikit penyesuaian suspensi ketika dibuka sehingga keseimbangan terasa sedikit hilang, jika belum terbiasa.

Mengunci suspensi juga bisa dilakukan saat motor melaju. Syaratnya adalah motor dalam kecepatan di bawah 15 kpj dan gas ditutup.

Sementara itu ada pula syarat-syarat penguncian suspensi bisa dibuka. Kunci suspensi baru bisa dibuka dengan cara-cara tadi apabila ada pengendara yang duduk. Ada sensor di tempat duduk yang membuat sistem motor mengetahui bahwa motor sudah ada yang mengendalikan ketika penguncian suspensi dilepas.

Salah satu fitur lain yang perlu diketahui sebelum mengendarai motor ini adalah ia dapat bergerak mundur. Ini merupakan fitur baru, yang belum ada pada ser sebelumnya.

Piaggio MP3 500 HPEPiaggio MP3 500 HPE Foto: Rizki Pratama

Sistem penggeraknya menggunakan motor terpisah dengan kecepatan tunggal maksimal 2 km/jam. Ada tombol yang dapat diaktifkan untuk beralih ke gigi mundur. Selain itu untuk mundur menggunakan tombol starter saat mesin menyala.

Jika sudah paham dua fitur Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance ini, selebihnya anda bisa mengendarai motor ini seperti motor biasa. Melihat ukurannya memang tidak kecil, tapi setelah melaju motor ini tidak sesulit yang dibayangkan.



Simak Video "Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced, Skuter Bongsor Berkaki Tiga"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)