Kamis, 27 Jun 2019 10:30 WIB

Begini Rasanya Kendarai Vespa GTS 150 yang Tembus Rp 58 Juta

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - PT Piaggio Indonesia baru saja merilis jagoan baru di segmen 150 cc. Skuter bernama New Vespa GTS Super 150 i-get ABS dibanderol mencapai harga Rp 58 juta. Seperti apa kesan pertama mengendarai skuter premium ini?

detikcom mendapat kesempatan menjajal skuter bongsor tersebut pada peluncuran New Vespa GTS Super 150 i-get ABS, di Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu (26/6 /2019).



Unit New Vespa GTS Super 150 i-get ABS yang dites adalah varian red passione. Kesan pertama saat melihatnya, warna merah metalik yang membalut sekujur bodi terlihat 'gonjreng' dan punya build quality cukup baik, khas Vespa.

Bicara dimensi, New Vespa GTS Super 150 i-get ABS punya panjang 1.950 mm dan lebar 740 mm. Sementara tinggi sadelnya sekira 790 mm dan punya jarak sumbu roda 1.350 mm.

Begini Rasanya Mengendarai New Vespa GTS Super 150 i-get ABSFoto: Luthfi Anshori


Bagi tester detikcom, yang punya postur 165 cm dan berat 69 kg dimensi Vespa GTS Super 150 baru itu terasa sedikit besar. Dalam kondisi diam, kaki tester harus jinjit demi mengatasi jok yang lumayan tinggi dan melebar.

Meski saat posisi diam, tester agak kesusahan dalam pengendalian, saat posisi berkendara motor ini lumayan asyik kok dikendarai. Apalagi jok tinggi memberi tester posisi duduk 'commanding', dan membuat kaki sangat nyaman karena tidak perlu menekuk. Ditambah ruang dek lumayan lebar.

Begini Rasanya Mengendarai New Vespa GTS Super 150 i-get ABSFoto: Luthfi Anshori


Dimensi besar tersebut juga tidak menjadi masalah serius saat motor melewati jalan yang macet. Tester masih bisa lincah menyelip di sela-sela mobil, atau kendaraan besar lain tanpa harus khawatir bodi belakang tersangkut. Satu hal yang kami soroti, suara klakson skuter ini bunyinya cukup kecil.

Bagaimana performa mesinnya? Di atas kertas, New Vespa GTS Super 150 dibekali mesin SOHC 155,1 cc, i-get, 4 katup, satu silinder dan dilengkapi sistem start & stop. Tenaga maksimalnya mencapai 10,8 kW/8.250 rpm dan torsi maksimum 13,5 Nm/6.750 rpm.



Saat throttle gas dipuntir, distribusi tenaga New Vespa GTS Super 150 cukup smooth. Tidak ada kesan torsi yang meledak sejak rpm bawah. Namun demikian, karakter mesin tersebut sudah cukup digunakan untuk harian.

Bagi yang belum terbiasa membawa skuter dengan profil ban gambot 120/70-12 di depan dan 130/70-12 di belakang, tampaknya perlu penyesuaian. Sebab ban dengan tapak yang cukup lebar itu membuat roda agak goyang saat digunakan di kecepatan rendah. Tapi cukup asyik digunakan di kecepatan cukup tinggi atau saat diajak bermanuver.

Begini Rasanya Mengendarai New Vespa GTS Super 150 i-get ABSFoto: Luthfi Anshori


Soal pengereman, skuter ini sudah memakai rem cakram di depan dan belakang. Diameter cakramnya sendiri 220 mm dan sudah dilengkapi teknologi ABS yang bakal mencegah roda ban mengunci saat dilakukan hard braking. Ketika coba dites detikcom, rem ini cukup pakem saat digunakan untuk jarak pengereman yang pendek.

Sedikit bicara fitur, New Vespa GTS Super 150 sudah dilengkapi lampu depan dan lampu belakang LED. Sayang kami belum bisa melihat sebaik apa sebaran dan pancaran sinarnya, sebab tes dilakukan di siang hari.

Begini Rasanya Mengendarai New Vespa GTS Super 150 i-get ABSFoto: Luthfi Anshori


Ada satu fitur New Vespa GTS Super 150, yang kami rasakan betul fungsinya. Yakni fitur start stop system. Fitur ini akan membuat mesin mati seketika saat motor tidak berjalan selama beberapa detik. Dan untuk menghidupkannya kembali tinggal puntir lagi throttle gasnya. Fitur ini bakal sangat berguna di kondisi jalan stop n go seperti di kota Jakarta.

Simak Video "Menyoroti Tampilan Skuter Terbaru Vespa"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed