Sensasi Mengendarai Skutik Rp 300 Juta

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 27 Okt 2018 13:33 WIB
Sensasi Mengendarai Skutik Rp 300 Juta
Foto: Agung Pambudhy

Sebagai 'kakak tertua' di segmen MAXI Yamaha (XMAX, NMAX, Aerox), TMAX DX memiliki desain elegan khas big skutik Yamaha. Dari sisi eksterior, untuk orang awam yang melihat TMAX DX, barangkali sekilas akan mengiranya sebagai XMAX. Wajar karena garis desain kedua motor ini memang mirip-mirip. Padahal dua motor ini sangat berbeda jauh.

Bagian depan XMAXBagian depan XMAX Foto: Agung Pambudhy

Bagian fascia TMAX DX tetap didesain agresif dengan dua headlamp. Tarikan garis desain ke belakangnya pun cenderung sporty dengan model jok single bertingkat, dan behel tanduk. Untuk lampu-lampunya sudah full LED. Menariknya lampu sein belakang memakai model terpisah seperti motor sport.

Lampu belakang XMAXLampu belakang TMAX Foto: Agung Pambudhy

TMAX DX memiliki part-part spesial yang membuat kesan premium terasa di skutik ini. Misal bagian depannya sudah pakai suspensi upside down 41 mm dibalut warna gold yang mewah. Turun ke bagian kaki-kaki, TMAX DX sudah mengaplikasikan cakram ganda 267 mm, dengan kaliper radial, yang dijepit 4 piston.

Sementara rem belakang menggunakan cakram tunggal 1 piston 282 mm, dengan tambahan kabel yang berfungsi sebagai handbrake (rem tangan). Sebagai pengaman tambahan, rem depan dan rem belakang TMAX DX ini sudah dibekali fitur ABS (Anti-lock Braking System), yang mencegah roda mengunci saat hard-braking.

Roda depan TMAXRoda depan TMAX Foto: Agung Pambudhy

Masih bicara kaki-kaki, TMAX DX dibekali profil ban yang cukup gambot. Ban depan pakai ukuran 120/70-15, sementara ban belakang pakai ukuran 160/60-15. Oh iya, area bawah bodi belakang tampak bersih karena shoackbreaker belakang TMAX DX terletak di bawah dengan posisi horisontal.

Sensasi Mengendarai Skutik Rp 300 JutaFoto: Agung Pambudhy