Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 07 November 2017, 08:26 WIB

Ototest

Menjajal Motor Listrik Senyap Yamaha

Ruly Kurniawan - detikOto
1
Halaman 1 dari 5
Menjajal Motor Listrik Senyap Yamaha Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Yamaha sudah cukup lama mengembangkan motor listrik. Dimulai tahun 1993, Yamaha memasarkan sistem Electrical Support Bicycle pertama yaitu Yamaha PAS (Power Assist System).

Di negara-negara yang punya sejarah bersepeda, seperti negara di Eropa dan Jepang sepeda listrik, telah mendapat posisi di pasar sepeda sebagai genre baru. Penjualan Yamaha PAS di pasar global telah mencatatkan hasil yang positif dengan total penjualan lebih dari 4 juta unit di seluruh dunia, termasuk penjualan unit penggeraknya.

Yamaha pertama kali memperkenalkan sepeda motor listrik di tahun 2002 lewat Yamaha Passol. Yamaha kemudian terus melakukan pengembangan dengan berturut – turut memperkenalkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino serta di ajang Tokyo Motor Show memamerkan beberapa motor sports listrik andalan. Hingga saat ini penjualan motor listrik Yamaha telah merambah kawasan Eropa dan di negara Asia seperti Jepang dan Taiwan dengan total penjualan lebih dari 10.000 unit.

Nah di Indonesia, Yamaha sudah mulai mengetes pasar motor listrik. Selama 1 bulan ini, motor listrik Yamaha mulai diuji coba di 4 institusi yakni Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD. Motor listrik yang dinamakan Yamaha Electric Vehicle atau E-Vino menjadi salah satu moda transportasi di sana.

"Kita memang banyak model untuk motor listrik tapi dinilai paling sesuai dengan Indonesia ya ini (model skutik) karena ringan dan dapat digunakan oleh semua elemen masyarakat," papar Executive Vice President Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti

detikOto pun sudah mencoba mencicipi motor listrik diklaim sangat ringan dan cocok untuk semua kalangan karena bobotnya yang cukup ringan, hanya 66 kg saja.

Setelah mengantre beberapa menit, detikOto pun mendapat giliran untuk mencicipi satu dari empat E-Vino yang telah pihak YIMM sediakan. Berlintaskan lapangan tenis dengan beberapa tikungan buatan, detikOto akan menguji tiga mode berkendara motor listrik tersebut dan juga torsinya.
Seperti apa? Yuk kita jalan:


(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed