First Drive Toyota bZ4X: Lebih Menarik Ketimbang Ioniq?

ADVERTISEMENT

First Drive Toyota bZ4X: Lebih Menarik Ketimbang Ioniq?

Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 11 Nov 2022 12:46 WIB
Jakarta -

Setelah membawanya untuk pertama kali pada ajang GIIAS 2022 silam, Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi menjual mobil listrik Toyota bZ4X ke pasaran.

Kali ini, detikOto berkesempatan untuk menjajal langsung dan mengendarai untuk pertama kali alias first drive Toyota bZ4X. Simak ulasan dan impresi berkendara kami terhadap mobil listrik ini!

Toyota bZ4XToyota bZ4X Foto: Zaky Fauzi Azhar/20detik

Besar tapi Lincah!

Toyota bZ4X hadir dengan platform yang dirancang khusus untuk mobil listrik berbasis baterai atau BEV. Yap! Toyota sengaja mendesain ulang platform kebanggaan mereka yang disebut Toyota New Global Architecture (TNGA) agar lebih pas untuk sebuah mobil listrik.

Hasilnya? Luar biasa. Selain kabin terasa lega dan akomodatif, platform khusus ini juga membuat rasa berkendara bZ4X menjadi menyenangkan. Belum lagi, penempatan baterai di tengah-bawah, membuat titik bobotnya menjadi terpusat.

Dengan wheelbase yang lebih dari 2,8 meter dan tinggi khas SUV medium, bZ4X tetap lincah dibawa bermanuver. Kami tes untuk meliak-liuk, bermanuver di kecepatan tinggi, bahkan menjajalnya untuk drifting tipis, tak ada kesan menakutkan dari pengendaliannya.

Body roll mobil ini terasa minim berkat pusat bobotnya rendah. Selain itu, karakter setirnya pun terasa meyakinkan. Sayang, dengan plot penggerak roda depan, bZ4X hadir dengan kendali yang terasa understeer dalam kondisi tertentu.

Toyota bZ4XToyota bZ4X hadir dengan suspensi yang karakternya cukup empuk Foto: Zaky Fauzi Azhar/20detik

Oh iya, selain itu bZ4X juga hadir dengan setelan suspensi yang cukup empuk dan jarak main yang tinggi. Meski pengetesan awal ini terbatas, setidaknya kami tahu kalau karakter sok bZ4X ini diplot untuk 'all round' atau bisa kemana saja.

Soknya dapat meredam permukaan jalan jelek hingga speed bump yang rapat. Di sisi lain, ketika dibawa bermanuver, mobil ini tidak terasa gejala mengayun atau teralalu empuk redamanannya.

Sehingga secara umum, menurut kami pengendalian bZ4X terasa meyakinkan. Tak intimidatif meski berbadan bongsor, tetap lincah meski tinggi, serta hadir dengan sok yang nyaman untuk digunakan di mana saja. Hemat kami mobil seperti ini akan fleksibel untuk digunakan sehari-hari hingga diajak road trip ke daerah yang tak tertebak.

[Halaman Berikutnya: Motor Listrik Bertenaga, Baterai Siap Dibawa Kemana Saja!]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT