Ototest Chery Tiggo 7 Pro: Calon Penjegal Honda CR-V sampai Wuling Almaz

ADVERTISEMENT

Ototest Chery Tiggo 7 Pro: Calon Penjegal Honda CR-V sampai Wuling Almaz

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 24 Okt 2022 16:07 WIB
Chery
Chery Tiggo 7 Pro apakah punya peluang menjegal Honda HR-V dan Wuling Almaz (Foto: PT Chery Sales Indonesia)
Jakarta -

Setelah Wuling dan DFSK, ada satu lagi pabrikan China yang bakal masuk meramaikan pasar otomotif Indonesia. Adalah Chery, pabrikan yang bermarkas di Anhui siap meluncurkan dua SUV anyarnya Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro dalam waktu dekat.

Keduanya siap menantang SUV di segmen premium Tanah Air sekelas Honda CR-V hingga Wuling Almaz. Namun dalam pembahasan kali ini akan lebih fokus pada Tiggo 7 Pro. Chery Tiggo 7 Pro dibekali mesin 1.5 turbo seperti hal yang diusung Honda CR-V maupun Wuling Almaz.

Chery Tiggo 7 proTest Drive Chery Tiggo 7 (Pro. Foto: PT Chery Sales Indonesia)

Di atas kertas, mesin 1.5 L turbo Chery Tiggo 7 Pro itu mampu menghasilkan tenaga 155 daya kuda pada 5.500 rpm dan torsi 230 Nm pada 1.750-4.000 rpm. Mesin itu dipasangkan dengan transmisi CVT 9 percepatan. Sebelum peluncuran, Chery lebih dulu mengajak sejumlah awak media untuk menjajal ketangguhan mobil sekaligus merasakan kenyamanan Tiggo 7 Pro itu dari Jakarta ke Bandung. Lalu bagaimana rasanya mengendarai SUV ini?

Mesin Responsif

Kesan pertama yang terlintas saat berada di balik kemudi Chery Tiggo 7 Pro adalah mesinnya responsif. Saat menginjak pedal gas pertama kali, tenaganya langsung terasa. Tapi jika dibandingkan dengan Tiggo 8 Pro tenaganya tak sebuas sang kakak.

Maklum Tiggo 8 Pro mengusung mesin 2.0 L turbo dan disandingkan dengan transmisi Dual Clutch. Perpaduan mesin dan transmisi CVT 9 percepatan membuat mobil berjalan mulus. Ada dua mode berkendara yang disajikan Tiggo 7 Pro yakni Eco dan Sport. Ketika mode Sport diaktifkan, mobil terasa sedikit lebih galak ketimbang Eco. Meski begitu perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Fitur ADAS yang sangat membantu

Fitur berbasis sensor yang disebut Chery sebagai ADAS (Advance Driving Assistant System) cukup membantu pengendara sepanjang perjalanan. Setidaknya ada tujuh fitur ADAS yang disematkan yaitu Adaptive Cruise Control (ACC), Blind-Spot Detection, Door Open Warning, Reverse Tendency Alert, Lane Departure Warning, Front Collision Warning, Autonomous Emergency Braking (AEB). Boleh dibilang fitur-fitur ADAS ini mirip dengan di mobil Eropa.

Chery Tiggo 7 ProChery Tiggo 7 Pro bisa melahap berbagai medan jalan. Foto: PT Chery Sales Indonesia

Salah satu fitur ADAS yang kami rasa sangat membantu adalah Adaptive Cruise Control. Saat mengaktifkan fitur ini, pengendara hanya tidak perlu repot menginjak pedal gas untuk berakselerasi atau melepas pedal gas saat deselerasi. Fiturnya akan otomatis menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan. Cara mengaktifkannya cukup menekan tombol yang ada di setir. Kemudian bila ingin mematikan fitur itu, cukup menginjak pedal rem.

[Lanjut Halaman Berikutnya]



Simak Video "Pepet Almaz RS, Ini Spesifikasi dan Harga Chery Tiggo 7 Pro"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT