Ototest Kia Carens Si Penantang Innova

ADVERTISEMENT

Ototest Kia Carens Si Penantang Innova

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 17 Okt 2022 08:41 WIB
Kia Carens 2022
Ototest Kia Carens (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kia sudah meluncurkan MPV terbarunya, Kia Carens, di Indonesia. Mobil keluarga andalan Kia ini akan mengisi kelas MPV medium dan menjadi penantang Toyota Kijang Innova.

Meski Kia membawa Carens dengan mesin 1.500 cc (NA) dan 1.400 cc turbo, Kia tidak mau menyandingkan Carens dengan mobil-mobil di kelas low MPV seperti Avanza, Xpander dan Stargazer.

Dari segi harga, Kia Carens memang jauh lebih mahal ketimbang mobil-mobil low MPV. Harga Kia Carens nyerempet Innova. Bagaimana saat digunakan berkendara?

Kami mendapat kesempatan untuk test drive Kia Carens versi 1.500 cc non-turbo 7-seater. Selama satu jam, kami mengeksplorasi Kia Carens yang diimpor utuh dari India ini.

Respons Halus Mesin 1.500 cc

Kia Carens 2022Kia Carens 2022 Foto: Ari Saputra/detikcom

Di atas kertas, Kia Carens yang kami kendarai ini menggunakan mesin 1.5L bensin yang sanggup memuntahkan tenaga 115 PS di 6.300 rpm, dan torsi 144 Nm di 4.500 rpm. Tenaga tersebut dikawinkan transmisi IVT, semacam transmisi CVT.

Khas transmisi jenis itu, saluran tenaganya terbilang smooth. Tapi, kamu bisa menyiasatinya dengan memainkan drive mode yang disediakan untuk Kia Carens ini. MPV ini ada tiga mode berkendara, yaitu Eco, Normal, dan Sport. Kalau butuh tarikan yang lebih besar, kamu bisa memanfaatkan mode Sport. Jika mau mengirit bensin, sebaiknya cukup pakai mode Eco. Walaupun, saat kami coba perbedaan antara ketiga mode itu tipis. Saat mode Sport diaktifkan, mobil akan memainkan RPM tinggi untuk mengail tenaga lebih baik.

Itu yang kami rasakan pada tipe mesin 1.500 cc non turbo. Untuk mesin 1.400 cc turbo belum kami coba. Tapi harusnya Carens dengan mesin 1.4 turbo lebih responsif karena dari data spesifikasi tenaga dan torsinya lebih besar.

Nyaman Dikendarai

Kia Carens 2022Kia Carens 2022 Foto: Ari Saputra/detikcom

Lalu bagaimana dengan kenyamanannya? Sebagai mobil keluarga, faktor kenyamanan pasti menjadi pertimbangan. Sebagai gambaran, mobil ini dilengkapi dengan suspensi McPherson Strut di depan dan Multi Link di belakang.

Bantingan suspensinya tergolong nyaman. Beberapa kali kami melewati speedbump yang terbilang tinggi, tapi tidak terasa guncangan yang berarti. Begitu juga kekedapan kabin yang lumayan bisa mereduksi kebisingan dari luar.

Kenyamanan ditambah lagi dengan fitur-fitur yang disediakan oleh Kia. Mobil ini punya sistem ventilasi di area bangku depan. Saat diaktifkan, sandaran kursi bagian sopir dan penumpang depan akan terasa adem. Jadi kalau cuaca sedang panas tak sampai keringatan.

Fitur Lengkap

Kia Carens 2022Kia Carens 2022 Foto: Ari Saputra/detikcom

Dari segi fitur pun Kia Carens terbilang lengkap. Kia Carens dibekali layar infotainment sebesar 8 inch. Head Unit itu bisa terintagrasi dengan Apple Car Play dan Android Auto. Selain itu, Kia Carens juga dibekali 8 speaker BOSE Premium.

Kia juga menyediakan sistem pengisian ulang baterai nirkabel. Kia Carens punya port pengisian daya type c di semua baris.

Untuk kemudahan, Kia memberikan fitur one-touch E-Tumble untuk melipat bangku baris kedua agar penumpang baris ketiga mudah masuk. Menariknya, penumpang Kia Carens dimanjakan dengan ambient light dengan mode pilihan 64 warna. Ditambah, ada sunroof di mobil MPV ini.

Namun memang Kia tidak menyematkan electric parking brake pada Carens. Begitu juga fitur-fitur bantuan pengemudi (driver assistance) yang belum tersedia di Kia Carens.

Kia Carens dijual Rp 389 juta untuk model 1.5L. Varian ini memiliki kapasitas 7 penumpang. Sedangkan varian Carens 1.4 Turbo dengan opsi captain seat sehingga jadi 6 penumpang saja dijual Rp 449 juta. Sebagai penantang Innova, Kia Carens membawa fitur yang lengkap untuk harga segitu. Walaupun memang mesin yang dibawa Kia Carens lebih kecil ketimbang Innova.



Simak Video "Kencan Pertama dengan KIA Carens: Yakin Lawan Innova?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT