ADVERTISEMENT

New Mitsubishi Xpander Cross Masih Pakai Mesin Lama, Bagaimana Sensasi Berkendaranya?

Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 26 Agu 2022 19:34 WIB
Mitsubishi New Xpander Cross
Mitsubishi New Xpander Cross hadir dengan wujud baru yang lebih tangguh dan juga beberapa fitur canggih (Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik)
Jakarta -

Mitsubishi belum lama ini menyegarkan versi tangguh dari Xpander, yakni New Xpander Cross. Mobil yang bersaing di kelas LSUV 7 penumpang ini, ternyata tak hanya mendapat penyegaran dari sisi desain namun juga fiturnya.

Beberapa waktu lalu, detikOto diundang oleh Mitsubishi untuk menjajal langsung Xpander Cross terbaru ini di area Indonesia Safety Driving Centre (ISDC) di bilangan Tangerang Selatan.

Mitsubishi New Xpander CrossFasia depan Mitsubishi New Xpander Cross Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik

Desain Lebih Tangguh Luar Dalam

Sebelum menjajal mobilnya, tentu kita langsung disambut dengan wujud baru Xpander Cross yang lebih segar. Tentunya, Xpander Cross terbaru ini memakai basis bahasa desain yang sama dengan New Xpander.

Terlihat dari fasia depannya ada grille model baru, lampu model T-Shape, hingga bumper anyar yang lebih 'ramai' dan mencirikan kesan SUV-nya.

Tampak sampingnya terkesan tak banyak dapat ubahan. Xpander Cross masih mengusung pelek ring 17 dengan balutan ban 205/55 di tipe CVT Premium Package.

Secara dimensi mobil ini lebih besar ketimbang rival sekelasnya, yakni Honda BR-V dan Suzuki XL-7. Tak hanya itu, ground clearance Xpander Cross pun paling jangkung yakni di 220 mm untuk tipe CVT dan 225 untuk MT.

Mitsubishi New Xpander CrossTampilan belakang Mitsubishi New Xpander Cross Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik

Sedangkan dari belakang, aura khas New Xpander kental terasa. Lampu berhenti model LED T-Shape yang senada dengan lampu depannya, ada tailgate garnish, hingga bumper model baru pun disematkan oleh Mitsubishi ke Xpander Cross ini.

Begitu masuk ke dalam kabinnya, aura tangguh kian kental. Kami sempat pangling melihat cockpit-nya, sebab New Xpander Cross kini dibekali dengan panel instrumen dan setir yang sama dengan kepunyaan Pajero Sport.

Ubahan 'sederhana' dari dua hal ini dapat membuat wujudnya jadi berubah total. Selain itu, Xpander Cross terbaru juga mendapat tambahan fitur pengecasan nirkabel di area depan hingga kamera 360 yang dapat tampil melalui layar headunit-nya. Canggih!

Well secara desain, Xpander Cross termasuk yang paling berkarakter di kelasnya. Apalagi di tipe terbarunya kini, Mitsubishi menjejalkan beragam pembaruan serta fitur yang membuatnya kian percaya diri bertarung di kelas panas, LSUV 7 penumpang.

Mitsubishi New Xpander CrossMitsubishi New Xpander Cross masih mengusung mesin yang sama dengan versi sebelumnya Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik

Mesin Sama dengan yang Lama, Suspensi Dibuat lebih Dewasa

Tidak membawa embel-embel 'All New' di namanya, membuat Xpander Cross terbaru ini masih mengusung platform hingga mesin yang sama dengan versi sebelumnya.

Mesinnya adalah mesin yang sama persis dengan New Xpander, yakni mesin 1.5L MIVEC berkonfigurasi DOHC 4-silinder segaris dengan 16 katup.

Diklaim mesin ini punya tenaga 105 PS di 6.000 RPM dan torsi 141 Nm di 4.000 RPM. Figur tenaga dan torsi ini tercatat lebih besar ketimbang Suzuki XL7, namun cukup jauh di bawah BR-V yang mesinnya bertenaga 121 PS.

Kendati demikian, tenaga dan torsi dari Xpander Cross terasa pas untuk memenuhi kebutuhan harian. Apalagi dengan sistem transmisi CVT, penyaluran tenaga dapat bekerja lebih efisien.

Untuk mesin, Mitsubishi memang tak memberikan ubahan. Namun untuk suspensi, ternyata Mitsubishi memberikan sedikit sentuhan untuk meningkatkan kinerjanya.

Yap, mereka menambahkan perangkat di lengan ayunnya yang diklaim membuat pengendalian lebih baik ketika suspensi bekerja.

Dalam pengetesan ini, kami cukup bisa merasakan dampaknya. Kami tes untuk slalom atau menghajar polisi tidur dalam kecepatan tinggi sekalipun kabin tetap terasa nyaman dan mobil sangat terkendali.

Imej suspensi Xpander Cross yang terkenal empuk, ternyata kini tak sekadar empuk namun juga kokoh. Tentu ini adalah hal baik, mengingat mobil ini diplot sebagai kendaraan harian.

Mitsubishi New Xpander CrossMitsubishi New Xpander Cross dibekali dengan Active Yaw Control Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik

Fitur Baru, Bikin Berkendara Makin Seru!

LSUV 7 penumpang dari Mitsubishi ini juga ketambahan fitur keselamatan baru yakni Active Yaw Control (AYC).

Fitur AYC sejatinya sudah bisa ditemukan di model Mitsubishi lain seperti Eclipse Cross ataupun Outlander PHEV.

Fitur ini bekerja layaknya fitur pengontrol kestabilan, namun AYC bekerja lebih spesifik untuk kondisi jalan licin dan mobil dalam keadaan berbelok.

Saat dites oleh detikOto, fitur ini memang benar-benar membuat rasa percaya diri meningkat. Kami melakukan tes di kondisi jalan tergenang air dan bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Hasilnya, sebagai mobil penggerak roda depan, gejala understeer jadi sangat minim dan pengendalian mobil pun lebih stabil. Selain itu, setir rasanya terkendali dengan kecepatan yang juga disesuaikan.

Kendati demikian, untuk merasakan kerja fitur ini kita harus bermanuver dengan ekstrem dan memacu mobil di kecepatan yang tinggi. Jika tidak, rasa berkendara Xpander Cross terbaru ini akan sama saja, karena mobil tetap stabil dengan fitur pengontrol kestabilan atau electronic stability control (ESC).

Menurut kami dalam kondisi sehari-hari, sangat jarang kita akan menggunakan fitur AYC ini. Karena tidak elok rasanya jika memacu mobil dalam kecepatan tinggi di jalan umum, dan melakukan manuver ekstrem di kondisi jalan tergenang air.

Namun hadirnya fitur AYC ini tentu berguna dan dalam kondisi tertentu akan membuat mobil lebih aman.



Simak Video "Gagah! Ini Ubahan Interior di Mitsubishi Xpander Cross Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT