ADVERTISEMENT

Berapa Konsumsi BBM Honda BR-V Dipakai Libur Akhir Pekan ke Bogor?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 23 Jul 2022 17:32 WIB
Honda All New BR-V diuji irit Jakarta-Bogor
All New Honda BR-V Foto: dok. Honda Prospect Motor
Jakarta -

Honda BR-V menjadi salah satu SUV yang diklaim memiliki kenyamanan khas MPV. Sebagai mobil keluarga, Honda BR-V tentunya harus memiliki konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang irit.

Kali ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengajak konsumen Honda BR-V untuk liburan akhir pekan bareng ke Bogor, Jawa Barat. Detikcom turut mengikuti kegiatan ini. Kami mengendarai Honda BR-V tipe E CVT. Berapa sih konsumsi bahan bakarnya?

Dalam weekend getaway kali ini, kami melakukan perjalanan dari dealer Honda Jakarta Center di Pangeran Jayakarta, Jakarta menuju Pelangi Park di Jl. Bukit Pelangi Kp. Sawah Gn. Geulis, Kabupaten Bogor. Total perjalanannya mencapai 88,3 km.

Memang agak jauh, karena dari Pangeran Jayakarta, kami masuk tol Ancol, kemudian di Tanjung Priok mengakses Tol JORR sampai dengan Kampung Rambutan baru masuk ke Tol Jagorawi. Sengaja dipilih rute jauh agar kami bisa mengeksplor Honda BR-V terbaru ini.

Honda All New BR-V diuji irit Jakarta-BogorHonda All New BR-V diuji irit Jakarta-Bogor Foto: dok. Honda Prospect Motor

Konsumsi bahan bakarnya terbilang irit. Di layar MID, konsumsi bahan bakar rata-rata 16,2 km/liter dengan total jarak 88,3 km. Itu dengan kondisi lalu lintas yang beragam. Di Tol JORR dari Tanjung Priok agak lengang sehingga kami bisa gaspol untuk merasakan sensasi akselerasinya. Dengan lalu lintas lancar itu, konsumsi bahan bakar juga sempat irit banget, di layar MID sempat menyentuh angka 18 km/liter.

Masuk Tol Jagorawi lalu lintas agak padat. Selanjutnya keluar dari Tol Sentul Selatan jalanan banyak menanjaknya sehingga konsumsi BBM agak turun. Terakhir saat tiba di Pelangi Park tercatat 16,2 km/liter.

Sebagai catatan, konsumsi bahan bakar ini tergantung dengan banyak kondisi. Kondisi lalu lintas hingga gaya berkendara turut mempengaruhi.

All New Honda BR-V menggunakan mesin baru 1.5L DOHC i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 121 PS pada putaran mesin 6,600 kemudian torsi maksimal 145 Nm pada putaran mesin 4,300 menghasilkan keseimbangan antara performa berkendara yang luar biasa dan efisiensi bahan bakar.

All New Honda BR-V menggunakan suspensi lebih stabil; MacPherson Strut untuk suspensi depan serta H-Shape Torsion Beam untuk suspensi belakang. Suspensi bagian depan dan belakang disesuaikan untuk kenyamanan yang lebih baik dengan gejala limbung yang minim. All New Honda BR-V juga mempunyai kabin yang lebih kedap serta minim getaran dengan mengoptimalkan peredam suara serta penambahan spray foaming dan struktur bodi yang lebih rapat.



Simak Video "Honda Bikin Rekor, Tapi Belum Sesuai Target!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT