ADVERTISEMENT

Full Tank Bisa PP! Segini Konsumsi BBM Pajero Sport Dakar untuk Mudik

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 08 Mei 2022 07:10 WIB
Jakarta -

Pemudik yang melakukan perjalanan dengan mobil pribadi tentu harus mempertimbangkan konsumsi bahan bakarnya. Kali ini, detikOto melakukan pengetesan terhadap Mitsubishi Pajero Sport Dakar untuk mengetahui seberapa irit mobil ini untuk dipakai mudik dari Jakarta ke Semarang.

Perlu diketahui, Pajero Sport Dakar hadir dengan mesin yang lebih kecil dibandingkan Pajero Sport non Dakar. Mesinnya adalah mesin diesel 2.4L MIVEC dengan kode 4N15. Di atas kertas, mesin Pajero Sport Dakar ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sebesar 181 PS di 3.500 RPM dan torsi sebesar 430 Nm di 2.500 RPM.

Mesinnya berkapasitas 2.442 cc dan dikawinkan dengan turbocharged. Pajero Sport Dakar yang kami tes ini menyalurkan tenaganya ke dua roda belakang melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

Dari pengetesan ini, Pajero Sport Dakar yang mengusung mesin diesel dengan turbo menurut kami memang sangat andal dibawa jalan jarak jauh. Apalagi, jalur mudik kami kali ini mayoritas tol.

Dalam perjalanan mudik kali ini, karena kami 'colong start' jadi kondisi lalu lintas masih cenderung lancar. Kami hanya merasakan kepadatan lalu lintas di KM 51 hingga KM 56, sisanya kami melaju dengan kecepatan normal.

Selama pengetesan ini pula, Mitsubishi Pajero Sport Dakar yang kami bawa diisi oleh tiga orang termasuk dengan sopir. Kami juga membawa akomodasi yang cukup banyak dan berat. Lalu di perjalanan ini juga kami berkendara secara dinamis dan beberapa kali berhenti untuk istirahat.

Konsumsi BBM Rata-rata Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 A/TKonsumsi BBM Rata-rata Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 A/T Foto: Ilustrasi: Muhammad Hafizh Gemilang

Perjalanan kami kali ini dimulai dari Jakarta, lalu menuju Salatiga tepatnya ke rest area KM 456 di tol Semarang-Solo, dan perjalanan kami akhiri di Semarang.

Sebelum berangkat, kami mengisi penuh tangki bahan bakar minyak dengan solar Pertamina Dex. Karena metode pengetesannya full-to-full, sesampainya di Semarang kami harus langsung mengisi kembali tangki BBM dari Mitsubishi Pajero Sport Dakar ini.

Hasilnya, kami harus mengisi BBM sebanyak 35,96 liter atau sekitar Rp 492.652. Total jarak yang kami tempuh adalah 520,5 km. Artinya rata-rata perjalanan mudik kami kali ini mencatatkan sekitar 14,47 km per liter untuk angka konsumsi bahan bakarnya.

Irit atau tidak? Rasanya menurut kami cukup irit. Meskipun menurut kami, angka konsumsi BBM-nya bisa lebih irit jika kami berjalan lebih konstan dan mobil dibekali kaca film yang baik, agar penggunaan AC tak terlalu berat.

Perlu diingat angka 35,96 liter itu untuk satu kali perjalanan Jakarta ke Salatiga, lalu ke Semarang dengan jarak 520,5 km. Tentu jika mengambil rute Jakarta langsung ke Semarang, jarak tempuh tak sampai sejauh itu.

Itu artinya, dengan kapasitas tangki BBM Mitsubishi Pajero Sport Dakar di 68 liter, artinya mobil ini dapat dipakai untuk perjalanan pulang-pergi (PP) Jakarta-Semarang yang berkisar 450 km hingga 475 km dengan satu kali mengisi BBM secara penuh.



Simak Video "Segini Biaya BBM Jakarta-Semarang Naik Mitsubishi Pajero Sport"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT