ADVERTISEMENT

Pakai Ban MT dan Spek Siap Off-Road, Berapa Konsumsi BBM Isuzu mu-X?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 13 Mar 2022 19:19 WIB
Jakarta -

Generasi terbaru dari SUV ladder-frame, 7-seater, dan diesel jagoannya Isuzu baru saja meluncur pada gelaran GIIAS 2021 silam, yakni All New Isuzu mu-X. Hadir dengan mesin yang dipangkas menjadi 1.900 cc, apakah membuatnya jadi lebih irit?

Sebelum menjelaskan seberapa irit mobil ini, tentu detikers perlu mengetahui spesifikasi serta karatker berkendara dari Isuzu mu-X terbaru ini.

Secara umum, kapasitas dari mesin Isuzu mu-X terbaru ini ada di angka 1.898 cc atau 1.9 L jika dibulatkan. Asyiknya walau sudah dipangkas mesin terbarunya ini ternyata mu-X tetap perkasa.

Meski figur tenaganya hanya 150 PS di putaran mesin 3.600 RPM dan torsi hanya 350 Nm di 1.800 hingga 2.600 RPM, nyatanya output segini tetap pas dipakai wara-wiri sehari-hari ataupun dibawa ke jalur sulit macam area plant, pertambangan, hingga trek off-road.

Karakter tenaganya khas mesin diesel yang perkasa. Apalagi, mesinnya yang sudah dibekali dengan turbocharger, membuat karakter tenaganya kian asyik, walau terasa kurang natural. Namun sayang, mesinnya ini menurut kami dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan triptonic yang kurang responsif. Akibatnya, mesin kerap meraung atau bermain di putaran gigi yang kurang pas.

Kami sering kali mengandalkan transmisi triptonic-nya untuk menghadapi situasi tertentu seperti menanjak atau menyalip. Meski demikian, karakter transmisinya ini tetap asyik karena mesinnya yang menyanggupi dibawa ke berbagai kondisi lalu lintas. Selain itu, transmisinya juga menyalurkan tenaga ke semua rodanya dan pengaturan penggerak rodanya dapat dilakukan sambil jalan dengan fitur Shift on The Fly.

Nah! Dari pengetesan kami, Isuzu mu-X terbaru ini punya efisiensi yang bahan bakar yang cukup baik. Tercatat, untuk rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 20 km per jam, Isuzu mu-X ini dapat di angka 10,2 km/liter. Sedangkan untuk rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km per jam, mu-X ini dapat di angka 12,4 km/liter.

Perlu diingat mobil tes yang kami pakai ini sudah menggunakan ban MT yang lebih berat dan tak standar. Tentu hasilnya akan berbeda dan bisa lebih irit dalam kondisi standar.

(mhg/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT