Tantang Pajero Cs, Chery Bawa Tiggo 8 Pro ke Indonesia

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 28 Jan 2022 11:37 WIB
Chery Tiggo 8 Pro
Wujud Chery Tiggo 8 Pro yang akan dihadirkan Chery ke Indonesia Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Selain membawa Chery Tiggo 4 Pro dan Tiggo 7 Pro, Chery Motor Indonesia juga menghadirkan penantang Mitsubishi Pajero Sport Cs, yakni Tiggo 8 Pro.

Sebelum kita membedah desain hingga jeroan yang ditawarkan Chery ke Tiggo 8 Pro ini, menurut kami mobil ini akan gampang bertarung di pasar SUV besar. Sebab, Tiggo 8 Pro hadir dengan konfigurasi 7 penumpang.

Tentang desainnya, berbeda dari Tiggo 4 Pro dan Tiggo 7 Pro yang mengusung desain sporty, Tiggo 8 Pro hadir lebih dewasa dan juga mewah. Tak heran, banyak aksen chrome dan aluminium brush yang disematkan oleh Chery ke beberapa garnish di mobil ini.

Chery Tiggo 8 ProChery Tiggo 8 Pro Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Dari depan, terlihat desain grille yang diusung oleh Tiggo 8 Pro ini punya pola yang mirip dengan Tiggo 4 Pro namun dalam dimensi yang lebih besar. Grille-nya dikawal dengan lampu utama LED yang hadir dengan desain lampu DRL yang ikonik.

Geser ke samping, terlihat dimensi Tiggo 8 Pro ini cukup besar. Mobil ini punya panjang 4.722 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.745 mm. Jika tak familiar dengan dimensinya, mobil ini tidak lebih panjang dari Pajero Sport, namun lebih lebar dan tinggi.

Desain peleknya senada dengan bahasa desain yang mau dibawa oleh Chery ke Tiggo 8 Pro ini, yaitu mewah. Peleknya hadir dengan aksen two-tone, ukuran ring 18 dibalut ban 235/55.

Dari belakang, Tiggo 8 Pro punya aura yang berwibawa. Tidak ada aksen meruncing yang sporty dan mayoritas garis desainnya membulat. Hal yang membuatnya makin terlihat garang dari belakang adalah model muffler tip-nya yang pipih dan matching dengan bahasa desain Tiggo 8 Pro dari belakang.

Chery Tiggo 8 ProChery Tiggo 8 Pro Foto: Rengga Sancaya

Masuk ke dalam kabinnya, aura mewah sangat kental menyambut. Selain karena pemilihan warna interior yang memadukan antara warna coklat dan hitam, Tiggo 8 Pro juga tampak mewah kabinnya berkat panoramic roof yang besar.

Geser ke depan, lagi-lagi aura mewah kental terasa. Khas Chery Tiggo series, model instrumen kluster dan headunit yang hadir di Tiggo 8 Pro ini serba digital dan memanjakan mata. Namun khusus di Tiggo 8 Pro ini informasi yang ditampilkan di instrumen klusternya ini lebih lengkap dan atraktif penyajiannya.

Bagian yang bikin gagal fokus adalah konsol tengah di bawah headunit-nya. Tiggo 8 Pro mengandalkan pengaturan AC yang digital, dengan layar kecil, dan dengan panel sentuh yang menyenangkan untuk dimainkan.

Sementara untuk shifter-nya hadir mirip dengan kepunyaan Tiggo 7 Pro yang sudah elektronik. Chery juga menghadirkan rem parkir elektrik dan auto hold di Tiggo

Chery Tiggo 8 ProChery Tiggo 8 Pro Foto: Rengga Sancaya

Chery menyematkan mesin 1.600 cc TGDi ke ke Tiggo 8 Pro ini. Mesin bensin ini dikawinkan dengan transmisi CVT. Diklaim, mesinnya ini punya tenaga sebesar 194 HP dan torsi 290 Nm.

Asyiknya lagi, dalam versi yang ditunjukkan ke media pada sesi Chery Media Lite Experience ini hadir dengan teknologi ADAS yang canggih. Tak heran mobil ini punya fitur adaptive cruise control dan segelintir fitur berbasis rada lainnya.

Namun pihak Chery mengatakan mereka masih mempelajari kebutuhan konsumen Indonesia dan juga menghitung harga yang tepat untuk Tiggo 8 Pro ini. Sehingga fitur ataupun mesin Tiggo 8 Pro yang kami jabarkan kali ini, bukan tidak mungkin berbeda dari versi yang nantinya dijual di Indonesia.



Simak Video "Invasi Mobil China Dimulai! Chery Luncurkan Tiga SUV untuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)