Ngecas Mobil Listrik Lexus UX 300e di Rumah 2.200 VA, Listrik Jepret?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 23 Jan 2022 17:44 WIB
Gaung Toyota belum begitu terdengar di kelas mobil listrik. Namun untuk saat ini, mereka punya perwakilan dari merek premiumnya yakni Lexus UX 300e. Penasaran?
Charging mobil UX 300 e Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Salah satu ketakutan masyarakat akan mobil listrik adalah cara pengecasan hingga durasinya. Namun jangan khawatir, ternyata mobil listrik murni Lexus UX 300e punya portable charger dan memungkinkannya untuk dicas di rumah.

Perlu diketahui, Lexus membekali UX 300e dengan baterai berkapasitas 54,3 kWh. Di kelasnya, baterai yang digendong oleh SUV compact ini termasuk yang terbesar.

Asyiknya, daya pengecasan dapat kita atur mulai dari 8A, 16A, hingga Max. Dalam pengetesan kami, untuk mengecas UX 300e di rumah berdaya 2.200 VA ternyata masih bisa. Asalkan, memilih charging di 8A dan beberapa perangkat elektronik di rumah harus mengalah.

Namun tentunya mengisi daya mobil listrik di rumah dengan output terkecil dan charger portable memakan waktu yang lama. Klaimnya, dari 0% hingga 100% butuh waktu 18 hingga 24 jam. Makanya menurut kami, portable charger memang hanya berguna untuk kebutuhan mendesak, misalnya kehabisan baterai di jalan atau ada waktu tunggu yang cukup lama dan dapat dimanfaatkan untuk mengisi di perjalanan.

Lantas untuk mengisi di rumah bagaimana? Jangan khawatir, setelah membeli UX 300e ini Lexus akan memberikan wall charger berdaya kurang lebih 7.000 Watt dan siap dipasang di rumah, kantor, atau manapun tempat yang kalian mau. Dengan wall charger ini, UX 300e dapat diisi dari 0% ke 100% dalam waktu 6 hingga 8 jam saja.

Pas, bukan? Setelah pakai mobil seharian, pulang di sore atau malam hari, tinggal cas mobilnya dan UX 300e ini akan penuh di waktu pagi hari.

Cara lain untuk mengisi daya baterai UX 300e ini adalah melalui fast charger yang tersedia di SPKLU. Fast charger yang saat ini tersedia, biasanya punya daya lebih dari 50 ribu Watt. Sehingga hanya butuh waktu 1.5 hingga 2 jam saja, baterai dapat terisi penuh dari kondisi nol persen. Asyiknya, UX 300e dibekali dengan dua port pengecasan, ada type 2 di kanan dan Chademo di kiri.



Simak Video "Bisakah Ngecas Mobil Listrik Lexus UX 300e di Rumah Berdaya 2.200 VA?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/riar)