Peleknya Lebih 'Cupu' Ketimbang Ultimate, Suspensi Mitsubishi New Xpander Sport Lebih Nyaman?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 07 Jan 2022 07:37 WIB
Mitsubishi New Xpander Sport
Wujud Mitsubishi New Xpander Sport yang dites oleh tim detikOto Foto: Faisal Fahriansyah / 20detik
Jakarta -

Mitsubishi mendatangkan banyak trim atau tipe untuk New Xpander. Termahal ada Ultimate, lalu ke tipe Sport, serta disusul tipe Exceed dan GLS. Salah satu perbedaan paling nyata dari ke-empat tipe ini adalah dari desain dan ukuran peleknya.

detikOto sudah pernah menjajal New Xpander Ultimate yang pakai pelek 17 inci dan baru saja melakukan tes harian New Xpander Sport yang pakai pelek 16 inci. Bedanya hanya dari tampilan, atau sampai ke rasa berkendaranya ya?

Mitsubishi New Xpander SportTampak belakang Mitsubishi New Xpander Sport Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Berbicara soal suspensi, Xpander sejak pertama kali datang langsung membuat standar baru di kelas LMPV. Sebab identik dengan suspensinya yang nyaman.

Mitsubishi ternyata tak mengurangi standar suspensi yang sudah menjadi ciri khas Xpander, malah mereka tambahkan menjadi lebih baik. Mitsubishi kini menggunakan sok yang tabungnya lebih besar dan diklaim berukuran sama dengan Pajero Sport kepada Xpander terbaru ini. Hal ini membuat karakter main suspensinya semakin baik dan juga stabil.

Suspensi dari New Xpander ini terasa nyaman digunakan di jalan bergelombang hingga berlubang. Pun, ketika dibawa menikung tajam dalam kecepatan tinggi, mobil tetap terasa anteng dan tidak terlalu limbung. Menurut kami, New Xpander rasanya diracik dengan serius dan diriset betul untuk karakter pengendara Indonesia.

Mitsubishi New Xpander ini juga hadir dengan ground clearance yang meninggi. Kini Xpander punya ground clearance di kisaran 220 hingga 225 mm, tergantung tipenya. Ground clearance segini, membuat Xpander lebih fleksibel untuk melahap medan yang acak, namun masih terprediksi.

Mitsubishi New Xpander SportPelek Mitsubishi New Xpander Sport Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Menurut kami, meski peruntukannya bukan untuk trek tanah, rasanya dengan setelah suspensi dan kaki-kaki yang seperti ini, Xpander siap dibawa off-road ringan atau keluar-masuk area camping.

Nah untuk menjawab pertanyaan di awal, perlu diketahui bahwa New Xpander Ultimate menggunakan pelek ring 17 dengan ban ukuran 205 profil 55. Kami sudah pernah melakukan pengetesan terhadap mobil tersebut dan menurut kami, pemilihan 'sepatu' untuk New Xpander Ultimate ini sudah cukup membuat rasa berkendara yang nyaman.

Namun setelah menjajal New Xpander Sport yang hadir dengan pelek lebih kecil dan profil ban lebih tebal, menurut kami bantingannya makin istimewa lagi. Jelas ini faktor profil ban 65 yang digunakan di pelek ring 16 New Xpander tipe Sport. Dengan ban profil lebih tebal, redaman jalan jelek ke kabin tentu akan semakin baik.



Simak Video "Irit Banget! Segini Konsumsi Bensin Mitsubishi New Xpander"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)