Hyundai Staria Signature 9 Bisa Angkut Sembilan Orang, Boroskah Mesinnya?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 30 Nov 2021 07:35 WIB
Jakarta -

Hyundai Staria hadir sebagai mobil MPV mewah yang pas untuk dipakai keluarga besar. Salah satu tipe Staria yang termurah dan terbanyak kapasitas penumpangnya ialah Hyundai Staria Signature 9. Namun, apakah mobil yang sanggup diisi banyak orang ini efisien konsumsi bahan bakarnya?

Tahan dulu, sebelum kita mengetahui konsumsi bahan bakar Hyundai Staria ini, detikers harus tahu mesin yang digendongnya. Mobil ini hadir dalam satu pilihan mesin yaitu mesin diesel canggih berkapasitas 2.199 cc. Mesin diesel CRDi atau common rail yang dikawinkan dengan turbocharger ini, membawa tenaga dan torsi yang melimpah di putaran rendah.

Di atas kertas, mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga puncak 175 hp pada 3.800 rpm, dan torsi maksimum 430 Nm di 1.500 hingga 2.500 rpm. Khas Hyundai kekinian, Staria juga menggunakan teknologi shift by wire.

Hyundai Staria Signature 9Hyundai Staria Signature 9 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Awalnya kami mengira mesin Staria yang sama dengan mesin Palisade ini akan kurang pas untuk menggendong Staria yang sangat bongsor. Ternyata, perkiraan kami meleset.

Ternyata Staria ini terasa klop sekali dengan mesin diesel canggihnya Hyundai. Mesinnya ini tidak bersuara kasar, tidak mengeluarkan asap menganggu khas mesin diesel, selain itu juga sangat lembut.

Penyaluran tenaganya pun terasa mantap dengan transmisi otomatis 8 percepatannya. Hal ini yang membuat kita terasa gampang untuk menyusul kendaraan di depan atau berkendara mengejar waktu.

Hal ini yang membuat kami kian yakin, kalau MPV mewah ini bukan hanya cocok untuk perkotaan, namun juga siap dibawa mudik atau berlibur bersama keluarga. Lalu menariknya, mobil ini juga cukup efisien secara konsumsi bahan bakar rata-rata.

Hyundai Staria yang kami tes, mencatatkan konsumsi bahan bakar rata-rata 10 km/liter untuk rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam. Sedangkan untuk rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, Staria mampu mencatatkan angka 17 km/liter. Hasil ini tergolong fantastis untuk mobil mewah yang punya bobot lebih dari 2 ton, tepatnya 2.300 kg.

Namun perlu diingat, Hyundai menyarankan pemilik Staria selalu menggunakan bahan bakar diesel berkualitas tinggi. Sebab Staria menggunakan mesin diesel canggih, sehingga bahan bakarnya pun harus bermutu dan bersih.

Hyundai tak menyarankan Staria ini diisi dengan diesel berkualitas rendah dan menyarankan pemiliknya untuk langsung menguras tangki, jika terpaksa mengisi mobil ini dengan bahan bakar yang tak direkomendasikan.

Menurut kami, mesin canggihnya ini dapat menjadi momok yang menakutkan. Sebab Staria akan sulit untuk untuk dibawa roadtrip atau mudik ke daerah yang tak terjangkau oleh diesel berkualitas.

(mhg/din)