First Impression Honda All New BR-V: Wujudnya Berubah Total Jadi SUV Sejati

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 26 Sep 2021 15:11 WIB

SUV yang Pas Buat Keluarga

Sebagai sebuah mobil 7 penumpang, jelas All New BR-V ini pas untuk keluarga yang jumlah anggotanya banyak. Namun bukan hanya sekadar 'pas', menurut kami All New BR-V ini dapat mengakomodir kebutuhan tujuh penumpang dengan nyaman.

Kami mulai dengan duduk di bangku baris keduanya dan duduk di sini terasa sangat nyaman. Apalagi karena di tipe tertinggi ini, joknya sudah dilapis dengan kulit. Bangku baris kedua ini dapat diisi oleh tiga orang dewasa tanpa perlu canggung karena tunnel yang terasa tidak mengganggu penumpang tengah.

Honda All New BR-VImpresi duduk di bangku baris kedua Honda All New BR-V Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

Selain itu, di baris kedua ini juga ada tiga buah headrest dan seatbelt, lalu ada AC yang dapat diatur tingkatannya dan arah semburannya. Tapi menurut kami akan lebih pas jika diisi oleh dua orang penumpang, karena ada arm rest di bangku tengahnya, yang membuat tangan dapat tertopang dengan nyaman selama perjalanan.

Setelah puas menjajal bangku baris keduanya, kami majukan sedikit joknya agar ruang baris ketiga menjadi sedikit lebih lega. Lalu dengan mudah pula kami dapat melipat jok baris kedua ini dan mencoba masuk ke bangku baris ketiga.

Ternyata buat penumpang dewasa yang berbadan besar sekalipun dan berdua, menurut kami cukup nyaman duduk di bangku baris ketiga dari All New BR-V ini.

Belum lagi, jika bangku baris keduanya mau kompromi dengan memajukan jok hingga mentok, duduk di bangku baris ketiganya akan terasa semakin nyaman.

Honda All New BR-VImpresi duduk di bangku baris ketiga Honda All New BR-V Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

Nah, jika melihat ke bagasinya ketika bangku baris ketiga ditegakkan, ternyata masih ada ruang yang cukup lega untuk menampung koper medium atau pun galon air mineral. Terus Honda juga memberikan sekat yang dapat diturun-naikkan untuk menambah ruang akomodasi.

Lalu, jika jok baris kedua dan ketiga dilipat, dengan menaikkan sekat lantai bagasinya, maka ruang kabin akan rata lantai dan All New BR-V siap dibawa barang berukuran sangat besar. Cocok kan untuk keluarga?

Mesinnya Konon Makin Irit
Honda BR-V terbaru dilengkapi mesin yang sama dengan City Hatchback, yakni berkode L15ZF 1.500cc empat silinder i-VTEC DOHC bertenaga 121 PS pada 6.660 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Ada dua pilihan transmisi, yakni manual 6-percepatan dan CVT. Disebut All New BR-V lebih irit BBM 3 persen dari model sebelumnya.

Sayang, karena kami melihat wujudnya di sebuah pameran di dalam area cafe, jadi mobil tidak dapat dicoba ataupun dinyalakan. Jadi untuk impresi berkendaranya, tentu belum dapat kami ceritakan kepada detikers.

Honda All New BR-VHonda All New BR-V Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Teknologinya Makin Canggih
All New BR-V yang kami lihat ini adalah yang trim tertinggi. Embel-embel Honda Sensing hadir tidak hanya di mobilnya, tapi juga namanya.

Jelas dengan adanya fitur ini, BR-V terbaru jadi setara 'canggihnya' dengan lini Honda lain yang sudah dibekali fitur Sensing.

Sekilas saja, Honda Sensing di All New BR-V ini meliputi Lead Car Departure Notification System, Collision Mitigation Brake System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation, Adaptive Cruise Control, dan Auto-High Beam.

Namun di luar Honda Sensing, All New BR-V ini juga sudah punya fitur Remote Engine Start atau fitur dapat menyalakan mobil dari kunci. Mirip dengan Honda City Hatchback.

Lalu ada fitur Walk-Away Auto Lock atau fitur yang dapat mengunci otomatis ketika kita menjauh dari mobil dengan kunci. Ada juga Honda Lane Watch atau fitur untuk melihat blind spot, dan fitur Smart Entry System.

Honda All New BR-VInterior Honda All New BR-V Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Lagi-lagi, karena ini adalah impresi pertama jadi kami tidak bisa melalukan pengetesan terhadap fitur-fitur ini dan belum tahu seberapa fungsional fitur tersebut.

Tapi yang jelas terlihat saat masuk interiornya adalah Honda All New BR-V ini, jelas terlihat jauh lebih modern dibanding dengan versi sebelumnya.

Kini ada layar instrumen kluster 4.2 inci yang sudah TFT dan bisa menampilkan banyak sekali informasi. Lalu di tengah juga terlihat ada layar peranti hiburan yang merupakan layar sentuh berukuran 7 inci.

Menariknya, layar ini didesain dengan rapi oleh Honda, tidak seperti beberapa mobil Honda lain yang terkadang layar headunit-nya seperti 'nggak matching'. Headunit BR-V terbaru ini dapat tersambung dengan smartphone dan ada fitur Apple Car Play dan Android Auto-nya.

Ketersediaan dan Harga Honda All New BRV
Masih sama dengan saat peluncuran virtualnya, Honda Prospect Motor belum merilis secara resmi harga dari All New BR-V ini.

Konsumen yang melakukan pemesanan pada tahun ini baru akan dikirim mulai Januari 2022 dan untuk melakukan pemesanan Honda mematok harga mulai dari Rp 260 juta untuk tipe terendah dengan asumsi kondisi pajak normal alias tidak dikenakan relaksasi PPnBM.

Spesifikasi All New Honda BR-V

  • Mesin: Kode L15ZF 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
  • Kapasitas Mesin: 1.5L
  • Transmisi: CVT dan Manual 6-Percepatan
  • Power: 121 PS/6.660 rpm
  • Torsi: 145 Nm/4.300 rpm
  • Panjang: 4.490 mm
  • Lebar: 1.780 mm
  • Tinggi: 1.685 mm
  • Wheelbase: 2.700 mm
  • Sok Depan: MacPherson Strut
  • Sok Belakang: H Shape Torsion Beam
  • Velg: 17 inci (Prestige) dan 16 inci (S dan E)


(mhg/rgr)