Hyundai Santa Fe 2021: Pilih Mesin Bensin atau Diesel?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 02 Agu 2021 07:15 WIB
Hyundai Santa Fe 2021 Signature
Hyundai Santa Fe 2021 Gasoline Signature Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Memilih Hyundai Santa Fe 2021 mesin bensin atau diesel sebenarnya perkara yang sedikit rumit, namun jawabannya akan kembali pada preferensi masing-masing calon pembelinya.

Hyundai Santa Fe 2021 bermesin diesel tentunya hadir dengan mesin super yang punya torsi besar. Khas mesin diesel kebanyakan.

Sedangkan Hyundai Santa Fe 2021 bensin, ditawarkan dengan mesin yang tidak kalah bertenaga, namun lebih 'kalem'. Mesin bensinnya ini lebih cocok untuk berkendara di medan yang lebih bersahabat.

Ada satu hal yang perlu jadi perhatian dari mesin Hyundai Santa Fe 2021 diesel, yaitu di teknologi canggihnya. Mesin dieselnya ini adalah mesin common rail injeksi yang datang dengan teknologi canggih.

Saking canggihnya diesel common rail ini, mesin diesel jadi minim emisi, minim getaran dan bersuara tidak sekasar mesin diesel konvensional.

Hyundai Santa Fe 2021 GasolineHyundai Santa Fe 2021 Gasoline Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Namun, mesin diesel common rail ini membutuhkan asupan yang juga berkualitas, untuk menjaga seluruh komponen dari mesinnya yang rumit agar tetap bersih dan optimal.

Hal ini yang kerap jadi momok menakutkan bagi para pemilik diesel common rail, salah satunya Hyundai Santa Fe 2021 diesel.

Hyundai sendiri menyarankan agar mobil-mobilnya yang bermesin diesel, diberi bahan bakar yang kualitasnya tinggi. Namun kendalanya adalah, SUV tangguh ini tidak selalu berada di kota besar yang punya stok diesel terbaik, pun untuk Santa Fe 2021 diesel.

Jika mobil diesel common-rail terlalu sering meminum diesel berkualitas buruk, dikhawatirkan partikel kotoran dari diesel tersebut akan cepat merusak komponen dari mesin dieselnya. Momok paling menakutkan dari para pemilik diesel common-rail ini adalah 'menggentong'.

Di sisi lain, Hyundai Santa Fe bermesin bensin jauh lebih mudah secara perawatan. Kompersi mesinnya diklaim hanya 10.5:1, berarti dalam keadaan terdesak Hyundai Santa Fe 2021 Gasoline masih mampu meminum bensin RON 90.

Kesimpulannya, Hyundai Santa Fe 2021 Diesel yang ditawarkan dengan mesin yang lebih bertenaga, memang lebih menggiurkan. Namun, merawat mesinnya harus ekstra telaten dan berhati-hati dalam memilih bahan bakar.

Sedangkan, Hyundai Santa Fe 2021 gasoline lebih cocok untuk para calon pembeli yang tidak mau ribet dan ketika dibawa ke luar kota yang sulit menemukan bahan bakar bagus, mesinnya masih mampu meminum bensin dengan RON rendah sekalipun.



Simak Video "Mobil Jalan Sendiri Pakai Fitur Lane Following Assist, Ini Caranya"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)