Ototest

Sensasi Mengendarai Toyota Raize GR Sport: Mobil 1.000 cc yang Fun To Drive

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 05 Mei 2021 09:54 WIB
First drive Toyota Raize
Foto: Dok. TAM. First drive Toyota Raize.
Jakarta -

Setelah memperkenalkan Toyota Raize di Indonesia pada 30 April 2021, PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar sesi test drive Raize untuk awak media. Melalui kesempatan ini, media diberi kesempatan untuk menjajal performa mesin 1.000 cc 3 silinder turbo Toyota Raize, berikut fitur keselamatan canggih yang terangkum dalam paket teknologi Toyota Safety Sense (TSS). Lalu seperti apa rasanya menjajal compact SUV terbaru Toyota ini?

detikOto bersama 8 media otomotif lainnya menjadi yang pertama mendapat kesempatan melakukan first drive Toyota Raize dengan rute Jakarta Selatan ke Jakarta Utara, hingga finis di Tangerang. Acara test drive ini diberlakukan dengan protokol kesehatan, di mana setiap peserta wajib memakai masker, dan melakukan swab antigen dengan hasil negatif sehari sebelum mengikuti acara.

Berikut kesan dan ulasan kami setelah mencoba Toyota Raize sehari penuh. Beruntung, kami mendapatkan tipe GR Sport yang sudah dibekali Toyota Safety Sense, sehingga bisa merasakan berbagai fitur safety terkini di mobil seharga Rp 265 jutaan.

Desain dan Dimensi

Secara tampilan, Toyota Raize memiliki desain yang gagah dan maskulin. Terlebih di varian GR Sport ini sudah dilengkapi sejumlah bodykit di bagian depan, samping, juga belakang, yang membuat tongkrongannya jadi lebih kekar. Pemilihan velg 17 inci dengan finishing full black juga menjadikan mobil ini tampak lebih sporty.

Toyota Raize dibangun di atas platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Secara dimensi mobil ini memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm, jarak pijak depan 1.475 mm, jarak pijak belakang 1.470 mm, dan jarak terendah 200 mm. Baik lampu depan maupun lampu rem mobil ini sudah menggunakan teknologi LED, dan lampu sein depannya sudah mengadopsi sequential turn lamp yang modern.

Toyota RaizeToyota Raize Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Fitur Hiburan dan Fitur Keselamatan

Toyota Raize varian tertinggi ini sudah disematkan berbagai fitur yang bisa menunjang kenyamanan pengemudi maupun penumpangnya. Fiturnya meliputi keyless with engine start stop button, panel layar sentuh 9 inci di bagian tengah yang bisa menjalankan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, lalu ada panel instrumen full digital berukuran 7 inci yang bisa disetel tampilannya dalam 4 mode.

Di bagian setir, pengemudi bakal dimanjakan dengan fitur paddle shift yang bisa menyimulasikan perpindahan gigi secara manual, kemudian juga terdapat banyak tombol pengaturan di setir.

Sementara untuk jok bagian depan, didesain model semi bucket seperti jok-jok mobil balap. Jok seperti ini akan membuat nyaman penggunanya, karena membuat posisi duduk tidak mudah bergeser, terutama ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Toyota RaizeBlind Spot Monitor di Toyota Raize Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Urusan keselamatan, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Sementara di varian tertinggi 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, mendapat beberapa fitur keselamatan tambahan dan bantuan pengemudi, seperti Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Allert dan Blind Spot Monitor, serta Pedal Missoperation Control.

Toyota RaizeToyota Raize Foto: Luthfi Anshori/detikOto

[halaman Selanjutnya pembahasan mesin, performa, dan konsumsi bahan bakar]