Rabu, 26 Feb 2020 17:41 WIB

Merasakan Teknologi Ban 'Ninja' yang Baru Masuk Indonesia

M Luthfi Andika, M Luthfi Andika - detikOto
Uji Ban Dunlop SP Sport LM705 Dunlop SP Sport LM705 Foto: Mohammad Luthfi Andika

Ada beberapa metode pengujian yang dilakukan untuk membuktikan seberapa nyaman ban Dunlop SP Sport LM705 ini. Mulai dari Comfort Test atau uji kenyamanan, Noise Test atau uji kesenyapan untuk mengetahui kemampuan ban meredam getaran dan suara yang timbul ketika mobil melewati permukaan jalan tidak rata dan kasar.

Selanjutnya pengujian High Speed Lane Change Test atau uji perpindahan lajur dalam kecepatan tinggi, dan Stability test atau uji kestabilan untuk mengetahui respon dan stabilitas ban ketika mobil melalui jalan yang berkelok. Pengujian semakin seru, karena selama pengujian ban ini diguyur hujan sepanjang hari.

Pada pengujian pertama yakni Comfort Test atau uji kenyamanan. Kenyamanan memang terasa semenjak pedal gas diinjak, memang jika dirasakan perbedaan antara Dunlop SP Sport LM705 dan kompetitor berinisial B ini tidak terlalu jauh. Namun ban Dunlop SP Sport LM705 terasa lebih menempel di aspal, sehingga pergerakan mobil lebih terasa.

Memasuki pengujian Noise Test atau uji kesenyapan, antara kedua ban beda pabrikan ini melewati ringan tangan kecil yang disediakan. Harus diakui kompetitor lebih terdengar sedikit, bahkan karena pengujian dilakukan saat hujan suara percikan air juga ikut terdengar. Lain lagi dengan ban Dunlop SP Sport LM705, ban ini tidak terlalu mengeluarkan suara, bahkan suara percikan air tidak terlalu terdengar meski sangat beda tipis dibandingkan kompetitor.

Uji Ban Dunlop SP Sport LM705Uji Ban Dunlop SP Sport LM705 Foto: Mohammad Luthfi Andika

Akhirnya pengujian High Speed Lane Change Test atau uji perpindahan lajur dalam kecepatan tinggi, dan Stability test atau uji kestabilan untuk mengetahui respon dan stabilitas ban, dilakukan detikcom.

Pada pengujian ini bisa dikatakan jauh lebih menantang, selain jalur basa, hujan sepanjang pengujian jadi catatan tersendiri. Dengan berkendara dengan kecepatan mencapai 80-90 km/jam. Sangat terasa kedua ban ini memiliki perbedaan pada tapak ban keduanya. Ban keompetitor yang diuji, mobil terasa lebih limbung, namun berbeda saat menggunakan ban Dunlop SP LM705.

Terlebih saat memasuki pengujian Stability test atau uji kestabilan untuk mengetahui respon dan stabilitas ban. Disaat mobil melaju di kecepatan 80-90 km/jam, mobil melewati halang rintang dengan cepat untuk menghindari halang rintang tersebut. Ban kompetitor lebih terdengar suaranya, dan terasa lebih bergeser. Akan tetapi saat menggunakan ban Dunlop SP Sport LM705 ban tidak terlelu berisik dan jauh lebih stabil.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com