Sabtu, 08 Feb 2020 08:37 WIB

Ototest Mercedes-Benz New Vito: Lebih Dekat dengan Van Mewah Ala Sultan

Luthfi Anshori - detikOto
Mercedes-Benz New Vito Mercedes-Benz New Vito.Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Setelah diluncurkan resmi pada 16 Januari 2020 lalu, detikcom berkesempatan mencoba mobil van bongsor Mercedes-Benz New Vito.

Adapun unit yang kami review merupakan model New Vito Tourer, dengan sentuhan modifikasi interior dari Lombardi Indonesia.

Sebelum kita masuk ke bagian interior, mari kita lihat lebih dulu bagian luarnya. Dari sisi eksterior, tidak ada yang istimewa dari New Vito Tourer.

Desainnya cenderung datar seperti mobil komersial pada umumnya. Pelek 17 incinya pun masih menggunakan model single tone berwarna metallic.

Untuk sistem pencahayaan, New Vito Tourer sudah ditenagai headlamp LED ditambah fitur DRL (Day Running Light).

Sekarang mari mulai masuk ke dalam kabin. Begitu tuas pintu baris kedua ditarik, pintu bergeser otomatis. Kedua pintu geser New Vito Tourer sudah menggunakan sistem elektrik, jadi memudahkan akses keluar masuk penumpang.

Duduk di kursi baris kedua, kami pun dimanjakan dengan model jok captain seat yang lebih private. Tak hanya nyaman karena memakai material kulit nappa berwarna beige, jok ini juga punya banyak konfigurasi yang bisa disetel melalui tombol di samping jok.

Tercatat ada 9 tombol yang memiliki fungsi masing-masing. Ada tombol pengaturan headrest, reclining system, seating position, leg rest, dan shoulder. Selain itu terdapat tombol heating system, cooling system, dan 8 point massage. Disertakan juga tombol memory seat yang bisa menyimpan tiga setelan.

Baris kedua Mercedes-Benz New VitoBaris kedua Mercedes-Benz New Vito Foto: Luthfi Anshori

Nah asyiknya lagi, jok baris kedua ini bisa disetel hingga rebah. Jadi bagi penumpang yang ingin tidur selama perjalanan, sangat dibuat nyaman dengan jok ini. Meski nyaman, tapi tetap safety sebab ada fitur seatbelt.

Tapi jika ingin tetap produktif juga tetap bisa. Sebab di jok baris kedua ini sudah dilengkapi meja lipat yang bisa dimanfaatkan sebagai dudukan laptop. Agar tidak bosan, pihak Lombardi juga menyertakan panel layar yang memiliki fungsi Android Auto, dengan individual headphone jack, SD Card, dan GPS Support.

Pindah ke baris ketiga, konfigurasi joknya memang tidak se-private baris kedua. Tapi kursi baris ketiga tetap menawarkan kenyamanan, dengan headroom dan legroom yang luas dan dilengkapi seatbelt tiga titik. Kursi juga bisa dimaju-mundurkan melalui tombol di belakang jok.

Sama seperti baris kedua, kursi baris ketiga ini juga bisa diatur sampai rebah. Bahkan ketika rebah sampai rata, kursi belakang ini mirip seperti kasur. Jadi bisa dimanfaatkan untuk tempat tidur.

Jok baris kedua Mercedes-Benz New Vito bisa dibikin sampai rebahJok baris kedua Mercedes-Benz New Vito bisa dibikin sampai rebah Foto: Luthfi Anshori

Modifikasi interior yang dilakukan Lombardi ternyata tidak hanya urusan jok saja. Melainkan juga penambahan lapisan peredam, karpet lantai berwarna beige, dan penambahan material soft touch dan panel kayu di bagian door trim. Soal audio, disematkan 10" concealed subwoofer, concealed 2-way system, dan front door panel speaker.

Jika kursi baris kedua dan ketiga mewah, bagaimana dengan kursi baris depan?

Kursi baris depan juga dibuat dengan balutan material nappa berwarna beige dan sudah dilengkapi handrest. Tapi sayangnya pengaturan joknya belum elektrik, masih dioperasikan melalui tuas mekanis di samping dan bawah jok.

Selain jok, sentuhan material kulit juga ada di bagian door trim dan lingkar kemudi. Balutan bahan kulit di setir, membuat grip makin baik.

Baris pertama Mercedes-Benz New VitoBaris pertama Mercedes-Benz New Vito Foto: Luthfi Anshori

New Vito Tourer belum dilengkapi sistem kunci kontak keyless. Rumah kunci terletak di bagian kiri dan tuas transmisinya di bagian bawah setir kanan.

Bicara posisi mengemudi, kendati mobil ini memiliki dimensi bongsor, dengan lebar hampir 2 meter dan panjang lebih dari 5 meter, New Vito menawarkan posisi mengemudi yang cukup nyaman dan aman.

Soal visibilitas, pandangan pengemudi di sekeliling terbantu dengan desain kaca pilar A yang besar. Pandangan ke depan juga cukup baik, dan tidak terhalang area dasbor yang besar.

Mercedes-Benz New Vito dibekali mesin 1.991 cc turbo 4 silinder dengan tenaga mencapai 211 dk pada 5.500 rpm dan torsi 350 Nm pada rentang 1.800-4.000 rpm.

Mempunyai tenaga sebesar itu, bobot New Vito yang mencapai 2.324 kg pun tak menjadi masalah. Mesin cukup bertenaga sejak rpm bawah. Makin asyik lagi karena New Vito menggunakan transmisi 7 percepatan dan bisa dioperasikan secara manual melalui tuas paddle shift di bawah setir.

Untuk setirnya pun terasa ringan saat diajak buat bermanuver. Dan asyiknya lagi, setir langsung berbalik cepat setelah diputar.

New Vito dibekali mesin 1.991 cc turbo 4 silinder dengan tenaga mencapai 211 dkNew Vito dibekali mesin 1.991 cc turbo 4 silinder dengan tenaga mencapai 211 dk Foto: Luthfi Anshori

Secara keseluruhan, New Vito Tourer dengan interior Lombardi ini menawarkan kenyamanan dan kemewahan yang cocok bagi kalangan pebisnis dengan mobilitas tinggi. Fitur-fiturnya cukup oke dan kabinnya sangat luas.

Meski demikian ada beberapa kekurangan dalam mobil van ini, dengan tidak adanya sun roof maupun panoramic roof. Selain itu jendela pada baris kedua menggunakan model paten (fix), sehingga akan menyulitkan bagi penumpang baris kedua jika ingin memasukkan sesuatu ke dalam kabin tanpa membuka pintu.

Dalam kondisi standar, Mercedes-Benz New Vito Tourer dibanderol Rp 989 juta off the road. Sementara jika ingin mendapat kustomisasi dari Lombardi Indonesia harus menambah biaya sekitar Rp 380-an juta.



Simak Video "Intip Penampakan Baru Mobil Van Mewah dan Elegan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com