Sabtu, 27 Jul 2019 16:40 WIB

Ototest

Halo Wuling! Serunya Mencoba Mobil yang Bisa Diajak Ngobrol

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Wuling Almaz Foto: Dadan Kuswaraharja Wuling Almaz Foto: Dadan Kuswaraharja
Tangerang -

[Gambas:Video 20detik]



Salah satu mobil yang menjadi omongan banyak orang ketika menyambangi pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 adalah mobil Wuling Almaz dengan fitur voice command yang disebut Wind (Wuling Indonesian Command).

Bayangkan saja dengan fitur itu mobil bisa diajak ngobrol. 'Halo Wuling, buka sunroof!' ujar seorang pria yang tengah duduk di kursi mobil.

"Oke membuka sunroof," balas si mobil, dan sunroof pun terbuka sepenuhnya. Si pria paruh baya berkaca mata itu langsung tergelak tertawa bareng teman-temannya.



Fitur voice command Wuling Almaz ini cukup jago karena kita tidak harus kerepotan pakai bahasa Inggris untuk menggunakannya. Hanya dengan memijit tombol atau ngomong Halo Wuling, anda bisa menyalakan AC, membuka aplikasi, menelpon istri di rumah, menyalakan radio, menanyakan tanggal dan waktu sampai mengatur volume.

Kalau detikers merasa kepanasan, cukup berkata, 'Halo Wuling, saya kepanasan' dan mobil akan mengurangi suhu AC mobil agar lebih dingin di dalam mobil.

Selain fitur voice command bahasa Indonesia yang baru tersedia di mobil Almaz ini, Wuling juga memasang beberapa fitur baru. Pada desain, bagian depan mobil menggunakan lampu LED dan lampu utama proyektor LED di area bawah.



Medium SUV ini turut menerapkan gaya dynamic parallel dan floating roof. Pada bagian belakang, Almaz mendapat sentuhan baru pada rear bumper. Selain itu Wuling Almaz juga kini memiliki konfigurasi 3 baris yang cukup untuk menumpang 7 orang.

Dan jangan takut HP anda kehabisan baterai, karena di setiap baris kursi anda bisa menemukan USB charger. Bagi penumpang yang duduk di belakang, juga jangan takut kepanasan karena ada AC khusus yang bisa Anda atur ukuran hembusannya.

detikcom menjajal mobil Wuling Almaz di area test drive GIIAS 2019. Jalannya memang kurang panjang, tapi itu bisa memberikan sedikit informasi pengendalian mobil. Pada awalnya mungkin detikers bakal merasa mobil terasa sedikit lambat saat pedal gas diinjak, wajar saja karena mobil tergolong bongsor, namun begitu masuk 40 km per jam, turbonya akan masuk dan memberi ekstra tenaga pada mobil, dan wusss! Mobil pun melaju cukup kencang.

Kaki-kaki mobil pun cukup oke, saat mobil sengaja menghajar polisi tidur, kaki-kaki mobil cukup kuat mengatasi ganjalan. Apalagi ground clearance-nya pun cukup tinggi.
Wuling Almaz 7 seaterWuling Almaz 7 seater Foto: Dadan Kuswaraharja

Dari sisi mesin, mesin bensin turbo yang digunakan Almaz mampu memproduksi tenaga maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm. Tenaga tadi disalurkan melalui transmisi CVT yang halus, dengan pilihan mode berkendara eco, sport dan 8-speed manual simulation yang responsif. Bagi penggila mobil manual, Anda juga bisa memilih transmisi manual 6 percepatan.

Untuk fitur lainnya, Almaz sudah dilengkapi start-stop button, keyless remote, keyless entry, sound system Infinity by Harman, hingga kamera 360 derajat yang bisa aktif saat mundur atau dengan menyalakan tombol 360.
Wuling AlmazWuling Almaz Foto: Dadan Kuswaraharja

Almaz juga memiliki fitur keselamatan yang lengkap mulai dari Dual Front & Front Side Airbag, Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC), ABS+EBD+BA, Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Cukup lengkap kan fiturnya? Meski tergolong lengkap, harga mobil relatif terjangkau. Wuling Almaz dijual dengan harga on the road (OTR) Jakarta mulai dari Rp 263.800.000.

Berikut daftar harga OTR Jakarta:
Almaz Smart Enjoy (MT) Rp 263.800.000
Almaz Smart Enjoy (CVT) Rp 275.800.000
Almaz Exclusive 5-Seater Rp 328.800.000
Almaz Exclusive 7-Seater Rp 338.800.000

Untuk warna, detikers bisa memilih enam pilihan warna Wuling Almaz yaitu Aurora Silver, Starry Black, Pristine White, Dazzling Silver, Carnelian Red, dan Burgundy Red.

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed