Selasa, 23 Jul 2019 13:17 WIB

Like a Boss! Pengujian Honda Accord Menuju Bandung

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Honda Accord Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto Honda Accord Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto
Karawang - PT Honda Prospect Motor (HPM) telah resmi meluncurkan sedan mewah Honda Accord. Mobil yang biasa digunakan para eksekutif ini telah mendapat beragam pembaruan.

Tak cuma desain baru, Honda telah menyempurnakan Accord di semua bagian. Termasuk penggunaan mesin baru, mesin 1.500 cc turbo bertenaga 190 PS.



"Banyak teknologi baru yang pertama dan hanya punya Honda ada di sini. Anda bisa merasakannya nanti," kata Director Marketing and After Sales Service PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, di Karawang, Jawa Barat, Selasa (23/7/2019).

Untuk membuktikan Accord, kami diberi kesempatan mengujinya. Pengujian Accord dimulai di sirkuit tertutup di Proving Ground Bridgestone di Karawang. Di lokasi tertutup dengan beragam simulasi jalan seperti kondisi di Indonesia, kami mendapat kesempatan menguji fitur canggih Honda Sensing.

Honda accordHonda accord Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto


Seperti diketahui, Honda Accord telah dilengkapi dengan teknologi Honda Sensing sebagai fitur keselamatan yang lebih canggih. Fitur ini membantu pengemudi menghindari dan meminimalisir potensi kecelakaan saat berkendara.

Sistem Honda SENSING meliputi fungsi Collision Mitigation Brake System (CMBS) yang terintegrasi dengan Forward Collision Warning (FCW). Kasarnya, fitur itu bisa membuat mobil mengerem otomatis jika sistem mendeteksi akan terjadi kecelakaan.



Honda memberi kesempatan kepada detikcom dan beberapa awak media nasional untuk menguji fitur ini. Dalam simulasinya, terdapat rintangan di depan dan mobil akan berhenti sendiri sebelum terjadi tabrakan.

Tak cuma itu, Honda Accord juga dibekali fitur Road Departure Mitigation System (RDM) yang terintegrasi dengan Lane Departure Warning (LDW). Fitur ini mencegah mobil keluar jalur tanpa disengaja. Jika mobil keluar jalur yang ditandai marka jalan, sistem akan memberi peringatan kepada pengemudi dan memberikan sedikit koreksi setir untuk membantu mengembalikan mobil ke jalur semula.

Selain itu. Honda Sensing di Accord ada juga Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC) yang terintegrasi dengan Low Speed Follow (LSF) serta Auto-High Beam.

Honda Accord TurboHonda Accord Turbo Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto


Honda Sensing ini bekerja dengan sebuah kamera monokular dan wave-milimeter radar untuk terus menerus memantau dan menilai berbagai kondisi lalu lintas di depan kendaraan. Jika diperlukan, sistem ini akan bekerja secara simultan dan kooperatif dengan fitur-fitur lain seperti VSA, EPS dan Brake Assist untuk memberikan peringatan audio dan visual, atau melakukan tindakan korektif untuk membantu pengemudi menghindari tabrakan.



Dalam pengujian Honda Accord ini, kami tak hanya mencoba fitur keselamatan canggih dan performamya. Kami juga akan duduk sebagai penumpang di belakang yang juga akan dirasakan oleh kebanyakan pembeli Accord. Honda sih mengklaim Accord telah mendapat penyempurnaan dalam kenyamanannya. Kami akan membuktikan klaim tersebut, seberapa nyaman naik Honda Accord seperti seorang eksekutif.

Kami juga akan menguji Accord menuju Bandung dengan beragam karakter jalan. Jadi, performa, kenyamanan, serta kecanggihan fiturnya bisa teruji dalam test drive Honda Accord ini. Penasaran? Simak terus ulasannya di detikcom.

Simak Video "Sopir Sedan yang Nyelonong ke Kebun Tembak Pacar Pakai Air Gun"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com