Senin, 06 Mei 2019 16:46 WIB

Tes Perdana Nissan Livina Kembaran Xpander, Seperti Apa Rasanya?

Ruly Kurniawan - detikOto
Test Drive Nissan Livina di Banda Aceh Foto: PT Nissan Motor Indonesia Test Drive Nissan Livina di Banda Aceh Foto: PT Nissan Motor Indonesia
Banda Aceh - Diperkenalkan sejak Februari 2019 lalu, mobil keluarga kembaran Mitsubishi Xpander, All New Nissan Livina menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Indonesia. Bagaimana tidak, mobil benar-benar berubah dari generasi terdahulunya mulai dari tampang luar, kenyamanan di dalam kabin, hingga tenaganya.

Seiring dengan tekad bahwa Livina baru bisa jadi kendaraan pilihan keluarga Indonesia di berbagai daerah, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengundang beberapa rekan media termasuk detikcom, untuk membuktikan langsung kemampuan All New Nissan Livina.



Dalam rangkaian acara yang berlangsung selama dua hari di Banda Aceh ini, Nissan berharap untuk dapat memperlihatkan beberapa keunggulan Livina terbaru di berbagai kondisi jalan. Lajur yang diambil dalam test drive ini sepanjang 300-an km dengan medan aspal, pegunungan, hingga tanah bebatuan.

Nissan Livina di Banda AcehNissan Livina di Banda Aceh Foto: PT Nissan Motor Indonesia



"Bicara mengenai Indonesia selalu dikaitkan dengan kendaraan keluarga terutama dengan segmen low MPV. Kendaraan ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai tempat dengan kondisi yang beragam. Nissan memahami bahwa di Indonesia, masyarakatnya membutuhkan beragam mobilitas yang berbeda yang sebenarnya merupakan satu kebutuhan yang sama yakni perjalanan yang aman dan nyaman," ucap Head of Product Communication PT Nissan Motor Indonesia ( NMI) Hana Maharani dalam sambutannya.

Pada hari pertama, perjalanan dimulai dari kota Banda Aceh ke Pucok Krueng sampai puncak Geurutte di Meulaboh. Jalanan lurus, menanjak, dan berliku menjadi bumbu manis pada perjalanan kali ini. detikcom sendiri menggunakan All New Nissan Livina varian teratas, VL.

Nissan LivinaNissan Livina Foto: Ruly Kurniawan



Berkat jalur tersebut, pengetesan mobil sungguh maksimal. Performa, handling, kenyamanan, hingga ketangguhan di luar jalanan aspal dapat dirasa. Terlebih perjalanan dilakukan tanpa pengawalan khusus.

Ketika perjalanan di sekitar pegunungan (sebelum naik ke Pucok Krueng), detikcom sempat menguji respons dari Livina baru ini. Pada trek lurus, mobil tanpa terasa bisa menempuh hingga 150 km/jam.



Kekedapan kabin dan kemudahan handlingnya benar-benar membuat pengemudi dan penumpang tak merasa bahwa sedang berada di kecepatan tinggi.

Namun memang, pada napas awal mobil nampak sangat berat. Perlu beberapa detik agar mesin merespons hentakan pedal gas. Perpindahan transmisi juga kurang smooth, tak seperti Livina lama yang menggunakan transmisi X-Tronic.

Nissan LivinaNissan Livina Foto: Ruly Kurniawan


Saat melibas jalanan pegunungan dan sedikit berbatu, detikcom tak merasa kesulitan dalam mengendalikan mobil. Bahkan, hanya menggunakan sedikit tenaga, Livina baru ini sudah 'nurut'. Terima kasih kepada berbagai fitur yang sudah disematkan mulai dari Dynamic Control, Traction Control, sampai Brake Assist.

Pada hari kedua, perjalanan tak sepanjang hari sebelumnya. Kali ini awak media juga tidak bisa sesuka hati membejek gas Livina karena jalur cukup ramai kendaraan dan banyak pembaharuan jalan khususnya di area desa Lubok Sukon. Namun sejujurnya sudah cukup puas merasakan mobil keluarga baru dari Nissan ini.

Maka secara keseluruhan, selain mobil tampil lebih gagah dan premium (sentuhan manis di bagian interior), Livina baru benar-benar menyajikan pengalaman berkendara yang berbeda. Berkat fitur yang dibenamkan, Livina sangat nyaman dan aman dikemudikan sekalipun di jalanan yang kurang bersahabat (off-road ringan).

Hanya saja absennya transmisi X-Tronic cukup terasa bagi pengemudi yang mencintai dan sudah cukup sering menggunakan Livina generasi lamanya. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com