Selasa, 19 Mar 2019 12:57 WIB

Ada SPBU Imut-imut di Tol Bakter

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Petugas mengisi BBM di SPBU Modular Tol Bakter (Foto: Dikhy Sasra) Petugas mengisi BBM di SPBU Modular Tol Bakter (Foto: Dikhy Sasra)
Terbanggi Besar - Tol terpanjang Indonesia, Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) masih terus dikebut sarana rest areanya. Untuk pengisian bensin, pengguna jalan tol bisa memanfaatkan SPBU mini di beberapa rest area.

Dari pantauan detikcom, SPBU imut-imut itu bisa kita temui di rest area KM 87 dan 116. Bentuknya masih mini, bukan Pertamini ya, Pertamina menyebutnya sebagai SPBU Modular. SPBU jenis ini setingkat di atas SPBU compact.

SPBU Modular biasanya dipasang Pertamina sebagai alternatif bangunan untuk menyalurkan BBM di daerah tertentu. Seperti di rest area Tol Bakter ini. Karena bangunannya belum permanen, hanya ada kontainer serta dispenser BBM.

SPBU Modular di Tol Bakauheni-Terbanggi BesarSPBU Modular di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Foto: dikhy sasra


Saat detikcom menjajal mengisi BBM di rest area 87, ada 2 orang petugas tol. Satu orang berpakaian hitam putih, sementara rekannya berseragam khas Pertamina yang dengan sigap membantu mengisi BBM.

Harga Pertamax dijual seharga Rp 10.050 per liter sedangkan Bio Solar Rp 5.150 per liternya. Agak sedikit mahal dibanding Pertamax di Jakarta yang dijual Rp 9.850 per liter.


Awas ini bukan Pertamini yaAwas ini bukan Pertamini ya Foto: Dikhy Sasra


Menurut Pertamina, SPBU Modular ini sarana dan fasilitasnya dapat berpindah-pindah. "Karena peruntukannya memang sebagai alternatif bangunan untuk menyalurkan BBM di daerah tertentu. SPBU modular ini juga digunakan untuk program pemerintah BBM satu harga. Jadi SPBU ini banyak ditemukan di daerah pelosok," terang Media Communication Manager
PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita. (ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com