Selasa, 19 Mar 2019 10:26 WIB

Wuss! Ada Tol Bakter, Bakauheni-Lampung Tadinya 3 Jam Bisa 1 Jam

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil Mazda CX-9 yang digunakan detikcom menjajal Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Foto: Dikhy Sasra Mobil Mazda CX-9 yang digunakan detikcom menjajal Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Foto: Dikhy Sasra
Terbanggi Besar - Pengguna jalan di Sumatera mulai memanfaatkan tol terpanjang yang masuk Trans Sumatera, yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter). Dengan adanya tol ini, waktu tempuh bisa diperpendek sepertiganya dari pelabuhan ke Bandar Lampung.

Dari pemantauan detikcom, dalam sehari setidaknya ada 7.000 kendaraan yang lalu lalang di gerbang tol pertama tol Bakauheni yakni gerbang tol Bakau. Gerbang tol pertama ini cukup dekat lokasinya dengan dermaga Bakauheni. Begitu keluar dari kapal penyeberangan, tinggal belok kiri, langsung masuk tol.

Tol exit menuju pelabuhan Bakauheni, cukup InstagramableTol exit menuju pelabuhan Bakauheni, cukup Instagramable dengan Menara Siger di sebelah kiri Foto: Dikhy Sasra




"Keuntungannya yang jelas adalah dari antara lintas tengah maupun timur lebih cepat, kalau biasanya di jalan normal itu dari Pelabuhan sampe Bandar Lampung saja bisa 3,5 jam sampai 4 jam sekarang cuma satu jam saja, termasuk kendaraan logistik lebih cepat," ujar Kepala Cabang Ruas Bakaheuni-Terbanggi Besar PT Hutama Karya Hanung Hanindito saat ditemui detikcom pekan lalu.

Lekukan jalan tol dari arah Terbanggi Besar menuju Pelabuhan BakauheniLekukan jalan tol dari arah Terbanggi Besar menuju Pelabuhan Bakauheni Foto: dikhy sasra


Memang secara teori, dengan jarak mencapai 140 km, dari pelabuhan Bakauheni menuju Terbanggi Besar, Lampung, dengan kecepatan 140 km per jam saja menggunakan roda 4, sejam harusnya sudah sampai di ujung tol.

Gerbang Tol Natar, yang diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa hari laluGerbang Tol Natar, yang diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu Foto: dikhy sasra


Dari pengalaman detikcom kemarin mengendarai mobil bermesin 2.500 cc di Tol Bakter, kecepatan 140 km per jam rasanya mudah saja tercapai, tapi ingat hati-hati selalu saat berkendara di jalan tol ini.



Apalagi jalannya yang relatif lurus gampang membuat pengendara terlena. Pengendara mungkin tidak sadar kecepatan mobil sudah melaju lebih dari 100 km per jam, jadi selalu jaga kecepatan mobil Anda, detikers.

Infografis Tol Terpanjang RIInfografis Tol Terpanjang RI Foto: Tim Infografis Andhika Akbarayansyah



Video Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com