Selasa, 22 Mei 2018 17:14 WIB

Sekilas Rasakan Naik Truk Asal Jerman

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Truk Mercedes-Benz. Foto: Khairul Imam Ghozali Truk Mercedes-Benz. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Selain mobil penumpang, Mercedes-Benz juga punya kendaraan komersial, yakni truk. Meski produsen asal Jerman, Mercedes-Benz telah banyak merakit produknya di Indonesia termasuk truk.

Nah, selain keliling pabrik truk, detikOto juga mendapat kesempatan merasakan naik truk asal Jerman tersebut di pabriknya yang terletak di Wanaherang, Bogor.

Proses penjajalan dimulai sekitar pukul 15.00. Namun kali ini detikOto hanya menjadi penumpang, bukan sebagai sopir truk, alias hanya bisa test track bukan test drive. Sebab peraturannya yang boleh langsung mengendarai truk hanya yang punya SIM B2.



Pengetesan dilakukan di area test track pabrik Mercedes-Benz dengan dua pilihan truk yang disediakan oleh PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), Axor 1623 C dan Axor 4928 T, detikOto mendapat kesempatan menjadi penumpang di truk Axor 4928 T. Sayangnya tidak semua area test track dilewati.

Pertama detikOto diajak memutar dengan kondisi jalan yang bagus. Dengan jarak tempuh dan kondisi jalan tersebut jenis truk (4x2) Tractor Head ini terasa nyaman, dua bangku utama di depan, dan ada bangku panjang sekitar satu setengah meter di belakangnya yang empuk dan bisa untuk tiduran, ditambah AC yang dingin seperti yang ada di mobil penumpang, sepertinya bakal bikin sopir truk yang mengendarainya betah.

Setelah itu, sopir mulai mengajak detikOto dan dua awak media lainnya yang juga jadi penumpang ke track jalan berbatu alias tidak rata. Rasanya tidak jauh berbeda dengan saat naik mobil penumpang, namun beda halnya dengan si sopir. Karena bagian bangku sopir dilengkapi dengan suspensi udara.

"Yang itu (bangku penumpang) nggak (ada suspensi udara), cuma bangku sopir yang ada air sus-nya," ujar Dharmawan Edi Susanto, salah satu karyawan yang ditugasi menjadi sopir truk sementara itu.



Ketika ditanya berapa kecepatan saat membawa truk di kondisi jalan berbatu, Edi tidak cukup yakin menjawabnya. Tapi ia menunjuk speedometer, kecepatan ada di sekitar 7 hingga 10 km/jam.

"Tapi tergantung kondisi jalan rusaknya juga. Saya juga bukan divisi khusus yang suka test drive mobil," katanya.

Sebagai informasi, Axor Axor 4028 T (4×2) termasuk dalam jajaran truk Mercedes-Benz untuk sektor konstruksi jenis Tractor Head. Selain Axor 4028 T, ada juga Axor 1623 C (4×2), Axor 2528 RMC (6×4), dan Axor 4028 T (6×4), dan Axor 4928 T (6×4) yang juga untuk truk konstruksi. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed