Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 30 Agustus 2017, 05:34 WIB

Laporan dari Malaysia

Merasakan Ganasnya Kuda Jingkrak Bersama Keluarga

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Merasakan Ganasnya Kuda Jingkrak Bersama Keluarga Ferrari GTC4Lusso T (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Sepang - Ferrari identik dengan kesenangan berkendara khas mobil super. Tapi, mobil-mobil Ferrari tidak hanya bisa dinikmati dua orang, Ferrari juga menawarkan mobil dengan tenaga tinggi yang bisa mengangkut empat orang sekaligus.

Mobil itu adalah Ferrari GTC4Lusso T. Ini merupakan mobil bermesin mesin V8 3.9 turbo empat kursi pertama dari Ferrari.

Mobil bisa menampung 4 orang dengan nyamanMobil bisa menampung 4 orang dengan nyaman Foto: Rangga Rahadiansyah


Ferrari GTC4Lusso T dengan mesin turbo ini pertama kali meluncur di ajang Paris Motor Show 2016, Oktober tahun lalu. Mobil ini juga sudah siap dipinang oleh masyarakat Indonesia.



Setelah mendapat kesempatan mencoba Ferrari 812 Superfast di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, detikOto kembali mendapat kesempatan nyetir langsung Ferrari GTC4Lusso T ini. Bukan di lintasan balap Sepang, detikOto mencoba mobil ini di jalan raya Malaysia, masih di sekitar sirkuit Sepang.



Ada dua sesi dalam merasakan Ferrari GTC4Lusso T di jalanan Malaysia kali ini. Pertama, detikOto mendapat kesempatan untuk ngegas langsung mobil ini dan selanjutnya detikOto duduk di kursi penumpang belakang.



Masuk ke kabin Ferrari GTC4Lusso T ini kemewahannya langsung terasa. Lapisan kulit berwarna merah dan hitam bisa disesuaikan oleh selera konsumen. Mobil yang dikendarai detikOto ini juga memiliki panoramic roof dan terdapat serat karbon di beberapa bagiannya, sangat terasa mewahnya.

detikOto pun mulai menyalakan mesin. Tombol untuk menyalakan mesin ada di bagian setir mobil. Brumm... Mesin mobil langsung meraung, meski memang tidak segarang suara mesin V12.



Dengan mesin V8 turbo berkapasitas 3.855 cc dan transmisi kopling ganda tujuh percepatan, Ferrari GTC4Lusso T ini juga cukup galak jika diajak berlari. Tenaganya bisa mencapai 610 daya kuda pada 7.500 rpm dan torsi maksimalnya bisa sampai 769 Nm yang tersedia antara 3.000 rpm dan 5.250 rpm. Mesin ini juga pernah didapuk sebagai International Engine of The Year 2016, lho.

Mesin Ferrari GTC4Lusso TMesin Ferrari GTC4Lusso T Foto: Rangga Rahadiansyah




Saatnya detikOto mencoba performa mobil ini. Mobil ini didatangkan langsung dari Maranello, Italia dan masih menggunakan setir kiri. Menggunakan setir kiri di jalanan Malaysia yang menganut setir kanan--sama seperti Indonesia--butuh penyesuaian. Makanya, pada tahap awal detikOto beradaptasi terlebih dahulu dengan mobil ini.


Ferrari GTC4Lusso TFerrari GTC4Lusso T Foto: Rangga Rahadiansyah

Keluar dari kompleks sirkuit Sepang, detikOto langsung ngegas Ferrari GTC4Lusso T di jalan raya Malaysia dengan menggunakan mode Comfort terlebih dahulu untuk menyesuaikan diri. Meski menggunakan mode Comfort, saat sesekali detikOto mencoba gaspol mobil ini langsung merespons dengan cepat.

Setelah putar balik di sebuah bundaran, detikOto dibolehkan menggunakan mode Sport. Tak sabar rasanya ingin menginjak pedal gas dalam-dalam menggunakan mode Sport untuk merasakan sensasi mobil super ala Ferrari ini.

Jalan raya di sekitar sirkuit Sepang cukup sepi. Jadi, detikOto bisa dengan puas merasakan mobil ganas yang bisa digunakan untuk keluarga ini. Untuk diketahui, Ferrari mengklaim mobil ini dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 3,5 detik.

Di sebuah jalan lurus, detikOto langsung gaspol. Kecepatan tinggi pun dengan cepat didapat. Bahkan, detikOto sempat meraih kecepatan hingga 238 km/jam di atas Ferrari GTC4Lusso T ini. Sebenarnya kecepatan itu masih bisa dipacu lagi. Tapi karena jalan raya Malaysia yang dilewati ini sedikit bumpy, detikOto harus mengendurkan gas. Ferrari mengklaim mobil ini bisa menempuh kecepatan hingga 320 km/jam.

Interior Ferrari GTC4LussoInterior Ferrari GTC4Lusso Foto: Rangga Rahadiansyah


Tak sekadar bisa ngebut, mobil dengan performa tinggi ini pun harus punya pengereman yang baik. Performa pengereman Ferrari GTC4Lusso T dari kecepatan 100 km/jam sampai berhenti cuma butuh jarak 33 meter.

Anda juga bisa merasakan keganasan Ferrari GTC4Lusso T ini bersama tiga orang tercinta. Sebab, mobil ini didesain dengan konfigurasi empat kursi yang nyaman untuk ukuran mobil sport.

Bagaimana kenyamanan bangku belakang? Di sesi kedua setelah puas menggeber Ferrari GTC4Lusso T sampai lebih dari 200 km/jam, detikOto berkesempatan untuk duduk sebagai penumpang di bangku baris kedua.

Akses masuk menuju bangku baris kedua memang hanya dengan pintu yang sama. Sebab mobil ini hanya memiliki dua pintu. Jadi, perlu sedikit effort untuk masuk ke bangku baris kedua dengan memajukan bangku baris pertama--yang sudah pakai sistem elektrik--sebelum masuk ke jok baris kedua.

Ferrari GTC4Lusso T ini bukan seperti mobil sport dengan konfigurasi 2+2 yang biasanya bangku baris kedua hanya untuk anak-anak sedangkan untuk orang dewasa kurang nyaman. detikOto yang punya tinggi badan sekitar 180 cm pun bisa duduk dengan nyaman di bangku baris kedua Ferrari GTC4Lusso T ini.


Ferrari GTC4Lusso TFerrari GTC4Lusso T Foto: Rangga Rahadiansyah

Selain punya performa ganas, Ferrari GTC4Lusso T juga punya fleksibilitas. Mobil ini punya bagasi seluas 450 liter, bisa untuk mengangkut stroller anak dan barang bawaan lainnya. Jadi, Anda bisa membawa tiga anggota keluarga untuk menikmati keganasan mobil ini dengan nyaman baik untuk perjalanan dekat maupun jauh. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed