Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 15 Mei 2017, 12:30 WIB

Laporan dari Malaysia

Sensasi Balapan Mobil-mobil Mercedes-AMG 43

Dina Rayanti - detikOto
1
Halaman 1 dari 4
Sensasi Balapan Mobil-mobil Mercedes-AMG 43 Foto: Mercedes-Benz
Sepang -

Mercedes-Benz kini memiliki deretan mobil sport beperforma tinggi namun diklaim dijual dengan harga terjangkau. Model tersebut adalah AMG seri 43. Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-50 Mercedes-AMG sekaligus membuktikan ketangguhan seri AMG dari pabrikan mobil asal Jerman itu mengajak sekitar 50 media dari Hub 2 (Indonesia, Singapura, dan Malaysia) untuk menguji performa deretan model AMG di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Sepang dipilih karena dinilai cukup mumpuni agar mobil bisa dioptimalkan performanya.

"Dalam rangka ulang tahun AMG ke-50 dimana ini kegiatan regional dimana kita akan kumpulkan varian AMG dicoba di lingkungan tertutup agar lebih optimum," ungkap Deputy Director Marketing Communication Mercedes-Benz Indonesia, Hari Arfianto, seperti dilaporkan reporter detikOto Dina Rayanti dari Traders Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia.

Memang mobil yang diuji bukan hanya model 43 saja, ada juga seperti model 63, 45, dan GTS. Namun PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) lebih fokus pada model 43 karena dihadirkan dengan lengkap mulai dari AMG E 43 4Matic, AMG SLC 43, AMG C 43 4Matic, AMG C 43 4Matic Coupe, AMG GLC 43 4Matic, dan AMG GLC 43 4Matic Coupe.

Pengetesan terbagi dalam 4 sesi, yakni sesi full lap mengelilingi Sirkuit Sepang, sesi Race Start, sesi High Speed Cornering dan Sesi Drifting. MBDI juga menyiapkan sekitar 7 orang instruktur andal yang memang sebagian merupakan pembalap untuk memandu jalannya sesi tersebut.

Pada sesi full lap mengelilingi sirkuit, para awak media diberikan kesempatan dua kali untuk mengelilingi lap sebelum akhirnya bergantian. Sementara pada sesi Race Start layaknya sebuah balapan di Drag Race dilakukan pada sebuah trek lurus.

Sesi ketiga yang dilakukan adalah High Speed Cornering, pada sesi tersebut mobil dipacu dalam kecepatan tinggi pada 2 tikungan dan membuktikan mobil tersebut stabil saat dikendarai dengan kecepatan tinggi. Terakhir adalah sesi drifting dimana ban belakang mobil telah diganti dengan menggunakan ban khusus ngedrift di trek yang sudah disiram air.

Seri model Mercedes-AMG 43Seri model Mercedes-AMG 43 Foto: Mercedes-Benz


Namun ternyata ada sesi tambahan yang disediakan MBDI, yaitu melakukan 'taxi way' dimana instruktur menyetir mobil super kencang disertai dengan gimmick masuk ke gravel, namun masih dalam batas aman.

Sensasi Balapan Mobil-mobil Mercedes-AMG 43Foto: Mercedes-Benz


Berikut detikOto ulas hasil pengujian performa mesin AMG model 43 yang diklaim mobil berperforma tinggi dengan harga terjangkau itu diuji di Sirkuit Sepang pada akhir pekan kemarin.

(dry/ddn)
Baca Juga
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed