Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 05 Apr 2017, 08:02 WIB

Laporan dari Taiwan

Ototest: Berlari dengan Porsche Panamera 4S di Taiwan

Niken Purnamasari - detikOto
1
Halaman 1 dari 6
Ototest: Berlari dengan Porsche Panamera 4S di Taiwan Foto: pool/Porsche
Nantou County - detikOto mendapat kesempatan menjajal performa dari mobil sport Porsche Panamera 4S terbaru. Lokasi yang dipilih untuk menguji performa mobil sport ini yakni di Sun Moon Lake, Nantou County, Taiwan.

Sebelum mengendarai Porsche Panamera 4S, detikOto bersama jurnalis otomotif lainnya dari Asia Pasifik, diberi instruksi oleh para instruktur dari Porsche. Mulai dari rute yang akan dilewati, fitur yang terdapat di Porsche Panamera hingga bagaimana soal speed limit (batas kecepatan) yang harus dipatuhi.

"Jangan lupa seat belt harus penting untuk selalu digunakan. Pilih pengaturan posisi kemudi yang nyaman. Posisi tangan pada setir kemudi mengikuti seperti arah jarum jam 3 dan jam 9," ujar instruktur Porsche, Kenneth.

Lokasi pertama yang menjadi tempat test drive Porsche Panamera yakni di jalan bebas hambatan (freeway) di Nantou. Di sini, Porsche Panamera akan diuji performa mesin dan kecepatannya.

Usai mendapat arahan, detikOto menuju mobil yang akan dikemudikan pada kesempatan pertama yakni Porsche Panamera.

Mobil pun di-starter. Raungan dari suara knalpot Panamera membuat detikOto tak sabar ingin langsung mengajaknya berlari dengan kecepatan tinggi.

Panamera melaju. Jalanan menuju freeway di Nantou adalah jalan pegunungan dengan banyak kelok dan tikungan tajam.

Beberapa kali, Kenneth mengajak jurnalis yang mengendarai Panamera untuk mengganti mode berkendara yakni Sport, Manual, Sport Plus dan Individual. Tujuannya agar para jurnalis merasakan langsung performa Panamera di tiap mode tersebut.

Kondisi jalan sepi, hanya ada 1-2 kendaraan yang didominasi oleh sedan. Kenneth pun mengajak jurnalis untuk menambah kecepatan. Alhasil kecepatan yang berhasil ditempuh yakni 70-100 km/ jam. Mobil terasa begitu stabil meski diajak ngebut di jalan berkelok.

Di sejumlah titik, kecepatan harus diturunkan sebab ada speed limit yang harus dipatuhi.

Setelah melewati jalan pegunungan, Panamera 4S yang dikendarai detikOto akhirnya sampai di jalan bebas hambatan. Meski pengujian dilakukan secara konvoi, begitu tiba di jalan bebas hambatan, rasanya sudah seperti ajang balapan.

Dengan menggunakan mode Sport, Panamera 4S yang dikendarai detikOto melaju dengan kecepatan hingga 170 km/ jam. Tarikan mobil terasa ringan, stabil serta berakselerasi dengan baik.

Tak bisa berlama dengan kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan Nantou, sebab notifikasi speed limit di dalam mobil berbunyi. Menandakan dalam jarak dekat, mobil harus diturunkan kecepatannya.

Bagaimana ulasan lengkap dari Porsche Panamera 4S yang dikendarai detikOto di Taiwan? Simak berikut ini yuk Otolovers:


(nkn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed