Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 05 Desember 2016, 19:08 WIB

Ototest

Menjawab Tantangan 'Parkir Buta' Tanpa Melihat Spion

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Menjawab Tantangan Parkir Buta Tanpa Melihat Spion Foto: Rangga Rahardiansyah
Bandung - Nissan Motor Indonesia (NMI) memiliki cara unik dalam membuktikan kecanggihan fitur-fitur yang ada di mobilnya. Untuk membuktikan fitur Around View Monitor pada Nissan X-Trail, NMI mengadakan tantangan Blind Parking Challenge.

Awak media otomotif nasional--termasuk detikOto--pada akhir pekan kemarin ditantang untuk memarkir mobil Nissan X-Trail tanpa melihat kaca spion. Untuk memarkir SUV ini hanya mengandalkan fitur Around View Monitor.

Untuk diketahui, Around View Monitor merupakan sebuah fitur menarik yang ada di Nissan X-Trail. Fitur ini menyajikan citra yang ditangkap empat kamera pada layar di dalam mobil sehingga seolah-olah mobil terlihat dari atas. Fitur ini memudahkan pengendara untuk memarkir mobil.

"Di sini ada 4 kamera, satu kamera di depan, satu di belakang, dua di kaca spion kiri-kanan. Dia masuk ke prosessor namanya Body Control Module, dia mengolah gambarnya itu disatuin, jadi gambarnya seolah-olah mobil terlihat dari atas. Jadi tidak pakai kamera dari atas dan lain sebagainya. Ini pakai kamera wide angle, pakai kamera khusus hampir 180 derajat," ujar Trainer Nissan College Nissan Motor Indonesia, Sugihendi.

Dalam tantangan ini, detikOto harus bisa memarkir Nissan X-Trail tanpa harus melihat kaca spion dan kondisi sekitar. Semua kaca jendela ditutup dengan kain hitam sehingga tidak bisa melihat langsung kondisi di luar. detikOto hanya boleh melihat kondisi sekitar tempat parkir melalui layar di tengah dasbor.

Hasilnya, menggunakan fitur ini tanpa melihat kondisi di luar secara langsung cukup memudahkan. detikOto bisa melihat detail kondisi sekitar lokasi parkir melalui layar. Ketika memutar setir, ada garis-garis pada layar yang memperkirakan ke mana mobil akan berbelok. Itu sangat memudahkan untuk memarkir mobil.

Akhirnya detikOto bisa menjawab tantangan parkir buta ini menggunakan Nissan X-Trail. Dengan sekali-dua kali percobaan, mobil langsung masuk ke spot parkir yang kosong.

Around View Monitor merupakan salah satu fitur andalan di Nissan X-Trail. SUV Nissan tersebut menjadi mobil yang paling terjangkau yang memiliki fitur serupa di Indonesia.

"Di Indonesia, mobil yang termurah yang menggunakan fitur Arround View Monitor itu X-Trail. Kan ini ada di mobil-mobil mewah, tapi harganya mahal. Ini Rp 400 jutaan sudah ada. Dari pengalaman saya dengar cerita sudah banyak yang berani hanya menggunakan Around View Monitor ini. Karena banyak spot yang tidak kelihatan kalau parkir. Salah satunya kalau kucing lewat enggak kelihatan. Nah di Around View Monitor ini kelihatan," kata Sugihendi. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +