Menguji Grand New Kijang Innova di Jalur Mudik

- detikOto
Senin, 05 Sep 2011 15:29 WIB
Jakarta - 2 Tahun sudah sejak Innova facelift meluncur pada 2009 lalu, kini di pertengahan tahun 2011 Toyota meluncurkan Grand New Innova yang benar-benar tampil segar.

Dalam laga mudik tahun ini, detikOto mendapatkan kesempatan untuk menjajal MPV andalan Toyota itu dengan rute jalur selatan Pulau Jawa. Grand New Innova yang kami dapatkan adalah sebuah varian G Luxury bertransmisi manual.

Presdir PT Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan pernah menyebut kalau New Kijang Innova ini beyond expectation, melampaui ekspektasi para pelanggannya. Betulkah demikian? Kita ulas saja langsung.

Di bagian eksterior, Toyota mengembangkan desain yang berubah cukup drastis.

Dibanding Kijang Innova lama, Grand New Kijang Innova tampil lebih agresif dan gagah. Perubahan ini terjadi pada front bumper serta hood molding dan radiator grille.



Desain head lamp yang tadinya bulat kini lebih menyipit dan tajam memberikan kesan menyatu dengan bodi mobil. Kap mesin pun kini memiliki lekukan.



Selain itu desain baru pada alloy wheel juga memberikan kesan berbeda dari pendahulunya.



Di belakang, tidak tampak desain yang benar-benar berbeda dari yang lama. Innova baru ini hanya mengalami perubahan desain pada lampu belakang dan garnish pada nomor polisi.



Sementara dari dimensi varian baru ini lebih panjang dan lebih tinggi sebesar 5 mm. Namun untuk lebarnya lebih pendek, yakni sampai 10 mm. Dimensi Innova yang baru kini mencapai 4.585x1.760x1.750 mm untuk panjang, lebar dan tingginya.

Begitu mata melirik ke interior, Toyota melengkapi Innova ini dengan sistem audio CD/MP3/WMA, DVD, AUX, dan After sales service support guide yang jika menunya anda buka berisi tentang maintenance quick guide, dealer list, dan kontak pelanggan Toyota. Sistem audio ini sudah touch screen. Jadi tinggal pijit saja.



Combination meter pun kini memiliki desain baru.

Pindah ke kursi belakang, seperti halnya baris pertama, baris kedua G Luxury ini sudah mengadopsi captain seat. Penumpang bisa menikmati layar DVD di tengah kabin. Monitor berukuran 8 inci ini cukup memberikan kenyamanan ketika penumpang bosan terkena macet di jalanan.



Sekarang, lanjut saja kita coba mesinnya. Meski desain depan Toyota masih menerapkan mesin yang sama yakni mesin berseri 1TR-FE 4 silinder DOHC, VVT-i berkapasitas 1.998 cc.

Begitu mesin dinyalakan, kabin dirasakan lebih senyap dari suara mesin. Ketika pedal gas diinjak, mesin tetap memberikan akselerasi yang sama. Dari diam sampai 100 km per jam, mobil melaju dalam waktu sekitar 15 detik.

Namun khusus untuk suspensi, detikOto merasakan mobil ini sedikit lebih baik dari yang lama.

Selama perjalanan, Innova memiliki tarikan cukup handal untuk melaju di jalan jalur selatan yang cukup menantang. Mulai dari padatnya jalan tol Purbalarang, hingga jalur tanjakan di Nagreg dan Gentong, Ciawi, Jawa Barat, mesin Innova terasa tangguh saat melewatinya.

Terus bagaimana dengan konsumsi bensinnya? Dari hasil pengetesan kami setelah menjangkau sekitar 700 km, Innova ini mendapatkan angka 1:9. Atau 1 liter untuk 9 km perjalanan. Angka ini kami dapatkan dengan menggunakan bensin beroktan 92.

Data teknis

Innova G Luxury Manual




  • Mesin 1TR-FE, 4-Cyl, In-Line, DOHC, VVT-i, 1.998 cc
  • Diameter x Langkah (mm) 86 x 86  
  • Daya Maksimum 136 ps pada 5.600 rpm  
  • Torsi Maksimum 18,6 Kgm pada 4.000 rpm
  • Kapasitas Tangki 55 liter
  • Steering (Power Steering)

Rekomendasi tempat istirahat selama mudik




  • Racik Desa Limbangan, Garut, Jawa Barat
  • Batu Hitam, Ciamis, Jawa Barat
  • Cipanas, Garut


 

 


(ddn/ddn)