Enggak Takut Kena 'Kutukan', Bagnaia Pakai Nomor Motor 1 di MotoGP 2023

ADVERTISEMENT

Enggak Takut Kena 'Kutukan', Bagnaia Pakai Nomor Motor 1 di MotoGP 2023

Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 23 Jan 2023 18:30 WIB
Francesco Bagnaia MotoGP 2023
Pecco Bagnaia akan menggunakan nomor 1 di MotoGP 2023. (Instagram @ducaticorse)
Jakarta -

Pebalap tim pabrikan Ducati, Francesco 'Pecco' Bagnaia akan menggunakan motor nomor 1 di musim MotoGP 2023.

Keputusan ini akhirnya diputuskan oleh Pecco bersamaan dengan peluncuran tim Ducati Lenovo untuk MotoGP 2023 yang dilangsungkan di Italia pada Senin (23/1/23).

Pecco mengatakan bahwa dirinya sangat suka dengan pebalap yang mengarungi musim kompetisi dengan angka 1 di motornya.

"Sudah lama sekali kita tak melihat nomor 1 di MotoGP dan ini adalah hal yang selalu saya kagumi. Saya selalu kagum dengan seseorang yang balap dengan nomor 1. Karena ini bentuk penghormatan dan kenyataan bahwa seorang juara dunia yang mengendarainya,", ujar Pecco Bagnaia.

"Nomor 1 merepresentasi siapa kamu dan itu merepresentasi identitas kamu ketika menjadi juara dunia. Jadi itu adalah hal yang baik, hal yang baik buat saya, dan untuk memberikan penghormatan kepada dunia," lanjut pebalap berkebangsaan Italia ini.

Kendati bangga dengan angka 1 yang besar di fasia motornya, Pecco tetap menyematkan angka 63 yang selalu ia gunakan saat balap.

"63 akan selalu menjadi nomor saya. Saya selalu balap dengan nomor tersebut dan saya berharap mendapat nomor ini di motor saya di masa depan. Bersama dengan nomor 1, kenapa tidak?," tutupnya.

Francesco Bagnaia MotoGP 2023Francesco Bagnaia akan gunakan nomor 1 di MotoGP 2023 Foto: Instagram @ducaticorse

Nomor 1 di kejuaraan dunia MotoGP merupakan angka yang spesial. Perlu diketahui nomor motor 1 tak boleh digunakan sembarang pebalap.

Hanya mereka yang sukses meraih juara dunia saja yang boleh memakainya di musim berikutnya. Di samping itu, menurut catatan sejarah pebalap terakhir yang mampu meraih juara dunia saat mengenakan nomor 1 di MotoGP adalah Mick Doohan pada musim 1998. Sejak saat itu hingga sekarang, tak ada lagi pebalap yang mampu merengkuh gelar dengan angka spesial tersebut. Itu pula yang membuat, nomor tersebut kerap dianggap 'keramat'.

Pada musim 2021, Joan Mir yang memenangkan MotoGP enggan menggunakan nomor 1 untuk MotoGP 2023. Kali ini, Pecco memberanikan diri untuk menggunakan nomor ini dan mencoba untuk memecahkan kutukan angka keramat tersebut. Sanggupkah Pecco keluar dari kutukan tersebut? Tentu jawabannya bisa diketahui di akhir musim 2023.



Simak Video "Ada Nomor #63 dalam Nomor Balap #1 Bagnaia"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT