Dari Jakabaring hingga KymiRing, Ini Daftar Sirkuit yang Gagal Gelar MotoGP

ADVERTISEMENT

Dari Jakabaring hingga KymiRing, Ini Daftar Sirkuit yang Gagal Gelar MotoGP

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 27 Nov 2022 11:07 WIB
Desain Sirkuit Jakabaring
Desain Sirkuit MotoGP Jakabaring, Palembang. Foto: Istimewa
Jakarta -

Dalam beberapa musim terakhir, ajang balap MotoGP banyak digelar di sirkuit baru seperti Sirkuit Buriram (Thailand) dan Sirkuit Mandalika (Indonesia). Namun di sisi lain, banyak pula sirkuit yang gagal menggelar MotoGP, dari Sirkuit Jakabaring di Palembang, hingga Sirkuit KymiRing di Finlandia.

Dikutip dari Speedweek, kegagalan Circuit of Wales di Britania Raya menggelar balap MotoGP pada 2015 menjadi salah satu peristiwa yang paling memalukan. Betapa tidak, Dorna dan pemilik sirkuit sudah menyepakati kontrak selama lima tahun. Tapi karena kesalahan pengelola, sirkuit ini tak pernah menggelar MotoGP.

Lucunya, pengelola Circuit of Wales justru menyewa Sirkuit Silverstone di Inggris untuk penyelenggaraan MotoGP 2015. Pada akhirnya, sirkuit ini pun bangkrut dan tak pernah menggelar balap MotoGP sama sekali.

Lebih jauh ke belakang, pada 2009 Sirkuit Balatonring di Hongaria juga gagal menggelar MotoGP. Sirkuit ini mengalami krisis keuangan dan faktor cuaca buruk. Pembangunan sirkuit pun berjalan lebih lambat dari yang dijadwalkan. Pihak pengelola sirkuit pun akhirnya membatalkan keikutsertaannya di MotoGP.

Beberapa sirkuit lain yang gagal menggelar MotoGP adalah Sirkuit Krimea (Rusia), Sirkuit di Bulgaria dan Singapura, termasuk Sirkuit Autódromo Internacional Codegua, Chili. MotoGP juga gagal digelar di Brasil, Meksiko, Turki, dan China.

Di Indonesia sendiri, setelah terakhir kali menggelar MotoGP di Sirkuit Sentul, Bogor pada 1996-1997, rencananya MotoGP akan dilaksanakan kembali di Sirkuit Jakabaring, Palembang.

Arsitek Sirkuit asal Jerman, Hermann Tilke. kemudian mendesain Sirkuit Palembang, Sumatera Selatan di tepi lokasi Asian Games. Sketsa desain Sirkuit MotoGP di Jakabaring pun selesai dibuat, namun akhirnya tak kunjung direalisasikan, hingga akhirnya pemerintah Indonesia memilih membuat sirkuit baru di Mandalika, Lombok Tengah.

Sirkuit terbaru yang gagal menggelar MotoGP adalah Sirkuit KymiRing di Finlandia. Awalnya sirkuit ini diproyeksikan menggelar MotoGP pada 2020. Namun karena terjadinya pandemi COVID-19 serta belum lolos homologasi, penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit KymiRing ditunda hingga 2022.

Alih-alih menjadi sirkuit debutan di MotoGP 2022 seperti Sirkuit Mandalika, Sirkuit KymiRing justru tidak jelas perkembangannya. KymiRing gagal membangun fasilitas yang diperlukan untuk homologasi. Pengelola sirkuit ini bahkan berhutang dengan Dorna hingga 6,4 juta euro. Sirkuit KymiRing pun mengalami kebangkrutan dan tidak akan pernah menggelar balap MotoGP untuk selamanya.

Sirkuit KymiringSirkuit KymiRing Finlandia gagal menggelar MotoGP Foto: Twitter.com/motogp



Simak Video "Ada Nomor #63 dalam Nomor Balap #1 Bagnaia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT