Joan Mir Pertimbangkan Operasi Lengan Usai MotoGP 2022

ADVERTISEMENT

Joan Mir Pertimbangkan Operasi Lengan Usai MotoGP 2022

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Selasa, 25 Okt 2022 12:33 WIB
LAGOA, ALGARVE, PORTUGAL - NOVEMBER 07: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP Of Portugal - Race on November 07, 2021 in Lagoa, Algarve, Faro. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Joan Mir pertimbangkan operasi lengan. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Pebalap Suzuki asal Spanyol, Joan Mir bakal menjalani operasi lengan usai berakhirnya MotoGP 2022. Dia mengaku bagian tubuhnya itu terasa lemah saat membalap di Sirkuit Sepang, Malaysia, akhir pekan kemarin. Pertanyaannya, akankah dia absen di sejumlah seri musim depan?

Disitat dari laman resmi MotoGP, Joan Mir mengaku, masalah tersebut sudah terasa sejak MotoGP Australia, beberapa pekan lalu. Namun, kondisinya semakin buruk saat dirinya membalap di Malaysia. Menurutnya, karakter lintasan tersebut membuat lengannya lebih banyak mendapat tekanan.

"Sepertinya saya mengalami sindrom kompartemen, arm pump. Ini merupakan trek yang cukup menuntut. Tapi dulu tidak seperti ini," ujar Joan Mir, dikutip Selasa (25/10/2022).

"Saya tidak bisa memahami tekanan (rem) yang saya lakukan dan saya kehilangan semua kekuatan di lengan kanan. Itulah yang terjadi," tambahnya.

SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 19: Joan Mir of Spain and Team SUZUKI ECSTAR rides during the free practice of the CryptoDATA MotoGP of Austria at Red Bull Ring on August 19, 2022 in Spielberg, Austria. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)Joan Mir. Foto: Getty Images/Steve Wobser

Tak seperti cedera-cedera sebelumnya, kali ini Joan Mir mengaku tak melihat tanda-tandanya. Itulah mengapa, dia merasa sedikit kecewa. Sebab, biasanya, dia selalu konsultasi dengan fisioterapis mengenai kondisi tubuhnya.

"Yang membuat saya sedih adalah saya tidak melihat itu (cedera lengan) datang. Karena biasanya, kami berbicara dengan fisioterapis, bahwa saya selalu mengeluh sedikit tentang punggung atau leher, tetapi saya tidak pernah mengeluh tentang lengan," terangnya.

Diketahui, ini merupakan musim terakhir Joan Mir berseragam Suzuki Ecstar. Musim depan, pebalap 25 tahun itu akan membela Repsol Honda bersama Marc Marquez. Namun, sebelum pergantian musim, dia kemungkinan besar akan lebih dulu menjalani operasi lengan.

AUSTIN, TEXAS - APRIL 07: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team speaks with Joan Mir of Spain and Team SUZUKI ECSTAR ahead of the MotoGP of USA at the Circuit Of The Americas on April 07, 2022 in Austin, Texas. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)Joan Mir dan Marc Marquez. Foto: Getty Images/Steve Wobser

Meski demikian, Mir tak perlu khawatir harus absen di MotoGP 2023. Sebab, selain jeda kompetisi yang panjang, proses pemulihannya diduga tak memerlukan waktu lama.

"Ya, ya. Itu benar-benar serius. Saya berpikir itu (operasi arm pump) bisa menjadi pilihan yang baik," tegasnya.

"Biasanya, selama musim berjalan, saya latihan motorcross, dirt track. Saya bisa berlatih dengan banyak motor. Pada bulan-bulan sebelumnya, saya bahkan tidak bisa berlatih dengan sepeda motor. Ini (operasi arm pump) pasti akan membuat sedikit masalah," kata dia menambahkan.



Simak Video "Suzuki S-Presso Cuma Laku 3 Unit Wholesales di November 2022, Kok Bisa? "
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT