Bamsoet Puji Prestasi Pereli Muda RI di FIA Rally Star Asia Pacific

ADVERTISEMENT

Bamsoet Puji Prestasi Pereli Muda RI di FIA Rally Star Asia Pacific

Jihaan Khoirunnisa - detikOto
Kamis, 13 Okt 2022 15:55 WIB
FIA Rally Star Asia Pacific 2022
Foto: Istimewa
Jakarta -

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi pembalap muda Indonesia yang berhasil mencetak prestasi pada ajang FIA Rally Star Asia Pacific 2022. Dia mengaku bangga atas capaian yang ditorehkan di kejuaraan bergengsi di Madras International Circuit, India tersebut.

Diketahui pada Final FIA Rally Star Asia Pacific 2022 Rabu (12/10) kemarin, salah satu perwakilan Indonesia Farel Haiqal sukses mencapai Top 5 dengan waktu terbaiknya 3:07. Hanya berbeda 4 detik dari Taylor Gill (Australia) yang keluar menjadi pemenang.

Lalu ada Canya Prasetyo dan Bintang Barlean yang berhasil lolos ke stage 2 atau Top 25. Bahkan Canya Prasetyo sempat mencetak fastest di antara 6 peserta kelas wanita di Stage 1 pada seleksi hari pertama. Adapun FIA Rally Star Asia Pacific 2022 merupakan sebuah kejuaraan kelas dunia untuk pembibitan pembalap muda usia 17 hingga 26 tahun.

"Sementara Zharfan Rahmadi berhasil mengikuti sesi Sim Racing atau Simulator. Meskipun tidak Juara 1 tetapi ini adalah raihan prestasi yang membanggakan untuk Indonesia. Mengingat tahun ini adalah pertama kalinya kita bisa mengirimkan perwakilan pembalap muda Tanah Air berbakat untuk berkompetisi di tingkat dunia, seperti FIA Rally Star Asia Pacific," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (13/10/22).

Ketua MPR RI ini menjelaskan sebelum berangkat mengikuti FIA Rally Star Asia Pacific 2022 para pembalap muda Indonesia terlebih dahulu telah berjuang, mulai dari tahap seleksi yang ketat dari FIA bersama IMI pada awal September 2022 di Edutown Arena, BSD City, Tangerang. Hingga akhirnya bisa terpilih mewakili Indonesia hingga final di Madras International Circuit, di Chennai, India, dan berkompetisi melawan 50 pembalap muda dari berbagai negara.

"Mereka bisa merasakan kompetisi yang sangat ketat di lintasan paduan aspal, tanah dan genangan dengan jarak 900 meter, 1.900 hingga 3.300 meter, mengendarai TN5 Cross Cars yang belum pernah dicoba sebelumnya oleh para pembalap muda di Tanah Air," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan FIA Rally Star Asia Pacific 2022 menjadi sarana untuk mengeksplor bakat para pereli muda. Tidak hanya dari sisi speed, tetapi juga ketahanan fisik, sim racing hingga attitude. Dengan mengikuti kejuaraan ini diharapkan para pembalap muda Indonesia bisa semakin mengasah kemampuannya.

"IMI juga sudah mengajukan kepada perwakilan FIA yang hadir di India, agar event FIA Rally Star untuk 3 tahun mendatang bisa diselenggarakan di Indonesia, karena kita sudah memiliki infrastruktur yang sangat memadai. Bisa di Tanjung Lesung Banten, atau bahkan di Medan, Sumatera Utara. Dengan demikian bisa menggeliatkan motor sport di kalangan generasi muda," pungkas Bamsoet.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT