Duh! Baru Dibentuk, Tim Satelit Aprilia RNF Langsung Kehilangan Sponsor Utama

ADVERTISEMENT

Duh! Baru Dibentuk, Tim Satelit Aprilia RNF Langsung Kehilangan Sponsor Utama

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 15 Sep 2022 07:25 WIB
Massimo Rivola, Razlan Razali
WithU bakal meninggalkan tim satelit Aprilia RNF. (Foto: Dok. MotoGP)
Jakarta -

Berkolaborasi dengan RNF Racing, Aprilia Racing akan memiliki tim satelit MotoGP untuk pertama kalinya pada musim 2023 nanti. Namun ada kabar buruk, sponsor utama mereka, WithU, bakal mundur dari MotoGP dan memfokuskan diri mendukung cabang olahraga voli.

Pada musim 2023, tim balap milik Razlan Razali, RNF Racing, bakal hengkang dari Yamaha untuk jadi tim satelit Aprilia. Tapi Razali menghadapi persoalan cukup pelik, sebab sponsor utama mereka, WithU, memutuskan mundur dari MotoGP.

Dengan demikian, Razali menghadapi situasi serupa seperti pada musim lalu, di mana sponsor utama mereka, Petronas, mundur dari balap MotoGP. Ketika itu WithU hadir sebagai pengganti Petronas dengan kesepakatan kontrak 3 tahun bersama RNF Racing.

WithU yang baru satu musim memulai petualangan sebagai sponsor utama tim MotoGP memutuskan mundur dari olahraga otomotif ini lantaran perusahaan induknya tengah mengalami krisis.

"Saat ini kita sedang mengalami krisis ganda. Europe Energy Spa, yang merupakan perusahaan historis saya, telah mengajukan pailit. WithU adalah merek yang terpisah, tetapi merek yang sangat terhubung," kata CEO WithU, Matteo Ballarin, dikutip dari Motosan.

Karena perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina, Ballarin harus melikuidasi 'Europe Energy' dan fokus pada WithU. Dan sebagai perusahaan di bidang koneksi seluler dan internet, Ballarin merasa WithU lebih baik fokus di cabang olahraga voli.

Saat ini mereka memiliki tim voli Verona, yaitu 'Verona Volley'. Klub ini berada di liga tertinggi Italia, Serie A. Dengan demikian WithU akan meninggalkan panggungnya di MotoGP dan mengakhiri partisipasinya pada November 2022.

"Sponsorship MotoGP sangat intens, tetapi situasi pasar tidak memberi kami visibilitas hari ini. Di bola voli, di sisi lain, kami ingin melanjutkan karena kami merasa terlibat sebagai aktor utama. (Tapi) bukan berarti kami akan menambah sponsor di bola voli, tapi ya, di MotoGP kami akan berhenti," tukasnya.



Simak Video "Ada Nomor #63 dalam Nomor Balap #1 Bagnaia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT