ADVERTISEMENT

Hasil Kualifikasi MotoGP Inggris: Zarco Start Terdepan, Quartararo dari Posisi Empat

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 07 Agu 2022 07:08 WIB
Jakarta -

Sesi kualifikasi MotoGP Inggris 2022 telah dilaksanakan pada Sabtu (6/8/2022). Hasilnya, Johann Zarco sukses merebut pole position dan bakal start dari posisi kesatu. Sementara pemimpin klasemen sementara, Fabio Quartararo, memulai balapan dari tempat keempat. Lalu rival terdekatnya, Aleix Espargaro, bakal start dari posisi keenam.

Dikutip dari laman Crash, Zarco sukses memecahkan rekor lap di sesi kualifikasi MotoGP Inggris 2022 dengan catatan waktu 1 menit 57,767 detik. Hasil itu lebih cepat dari rekor yang dipegang Marc Marquez sebelumnya, yakni 1 menit 58,168 detik. Zarco akan start dari posisi satu, ditemani Maverick Vinales di tempat kedua, dan Jack Miller di tempat ketiga.

Sementara Quartararo yang berstatus pemimpin klasemen sementara, akan memulai balapan dari tempat keempat. Perjuangan rider asal Prancis itu bakal tambah lebih berat karena dia harus menjalani hukuman long lap penalty. Rival terdekat Quartararo, Aleix Espargaro, memulai balapan dari posisi keenam. Capaian itu sudah cukup bagus, sebab Aleix sempat mengalami crash di FP4.

Rider-rider top lainnya juga mengalami nasib tidak lebih baik. Duo Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir sangat menderita di kualifikasi, dan akan memulai balap dari urutan kesebelas dan kedua belas.

Francesco Bagnaia yang baru memenangi MotoGP Belanda, harus puas start dari posisi kelima. Sedangkan Enea Bastianini yang sempat tampil impresif di awal-awal seri MotoGP 2022, memulai balap dari posisi delapan.

Nasib lebih suram dialami oleh rider Repsol Honda. Pol Espargaro harus berjuang dari grid belakang, tepatnya dari posisi 18. Sementara Stefan Bradl yang menggantikan posisi Marc Marquez untuk sementara, bakal start dari urutan 21.

Berikut hasil kualifikasi MotoGP Inggris 2022:

1. Johann Zarco (Pramac Ducati)
2. Maverick ViƱales (Aprilia Racing)
3. Jack Miller (Ducati Lenovo)
4. Fabio Quartararo (Monster Yamaha)
5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
6. Aleix Espargaro (Aprilia Racing)
7. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Ducati)
8. Enea Bastianini (Gresini Ducati)
9. Jorge Martin (Pramac Ducati)
10. Luca Marini (Mooney VR46 Ducati)
11. Alex Rins (Suzuki Ecstar)
12. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
13. Miguel Oliveira (Red Bull KTM)
14. Brad Binder (Red Bull KTM)
15. Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati)
16. Remy Gardner (KTM Tech3)
17. Alex Marquez (LCR Honda)
18. Pol Espargaro (Repsol Honda)
19. Franco Morbidelli (Monster Yamaha)
20. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
21. Stefan Bradl (Repsol Honda)
22. Raul Fernandez (KTM Tech3)
23. Darryn Binder (WithU Yamaha RNF)
24. Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF)

(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT