ADVERTISEMENT

Cita-cita Alex Rins: Bikin Honda Jadi Motor Juara Lagi

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 06 Agu 2022 10:07 WIB
HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, GERMANY - JUNE 17: Alex Rins of Spain and Team SUZUKI ECSTAR looks during the free practice of the MotoGP Liqui Moly Motorrad Grand Prix Deutschland at Sachsenring Circuit on June 17, 2022 in Hohenstein-Ernstthal, Germany. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Alex Rins (Foto: Getty Images/Steve Wobser)
Jakarta -

Alex Rins mengakui bawa motor RC213V adalah satu hal menantang bagi dirinya. Pebalap beken seperti Jorge Lorenzo, Pol Espargaro, bahkan adik dari Marc Marquez saja sulit meraih hasil bagus dengan motor Honda.

Alex Rins sudah resmi menandatangani kontrak dua musim bersama LCR Honda. Dia harus berpisah dengan Suzuki, motor yang mengantarkannya ke kelas utama sejak tahun 2017.

Honda RC213V dalam beberapa tahun terakhir dikenal sangat sulit ditaklukkan, termasuk oleh mantan juara dunia sekelas Jorge Lorenzo. Dia gagal total usai bergabung Repsol Honda. Empat kali finis di luar zona poin, bahkan untuk tembus 10 besar pun kerepotan.

Tak hanya Lorenzo, pebalap setelahnya juga mengalami nasib serupa. Alex Marquez dan Pol Espargaro belum bisa menunjukkan statusnya sebagai juara dunia Moto2 bersama Honda. Dua-duanya kini berada di ujung pintu keluar dari Honda. Baru Alex Marquez yang terkonfirmasi untuk membawa Ducati musim depan.

Tak bisa ditampik, hanya Marc Marquez yang bisa membawa RC213V juara dunia. Sudah tiga tahun motor ini belum bisa meraih gelar lagi, sejak terakhir kali 2019 bersama Marc Marquez. Bagi Alex Rins ini adalah tantangan besar bagi dirinya, apalagi selama ini dia hanya menunggangi mesin inline-4 Suzuki, yang tentu punya perbedaan dari segi karakter dan keunggulan dalam hal akselerasi sampai keseimbangan.

"Saya senang dapat mengumumkan selama liburan musim panas bahwa saya akan bergabung dengan LCR Honda untuk tahun depan. Ini benar-benar berita bagus bagi saya, saya sangat menantikannya. Karena itu tantangan besar. Saya akan mencoba menggunakan semua pengalaman saya untuk meningkatkan motor, mencoba menjadikannya motor yang kompetitif dan motor pemenang lagi," jelas Alex Rins dikutip dari Speedweek, Jumat (5/8/2022).

"Pertama-tama, kami masih memiliki sembilan balapan musim ini, saat ini Suzuki bekerja dengan cukup baik," tambah dia.



Simak Video "Repsol Honda: Segalanya Berubah Sejak MotoGP Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT