ADVERTISEMENT

Fabio Quartararo Dihukum Long Lap Penalty, Aleix Espargaro Membela

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 05 Agu 2022 19:15 WIB
Aprilia Spanish rider Aleix Espargaro (R) celebrates with Yamaha French rider Fabio Quartararo after taking the pole position after the MotoGP qualifying session of the Moto Grand Prix de Catalunya at the Circuit de Catalunya on June 4, 2022 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by LLUIS GENE / AFP) (Photo by LLUIS GENE/AFP via Getty Images)
Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro. (Foto: AFP via Getty Images/LLUIS GENE)
Jakarta -

Pebalap Aprilia, Aleix Espargaro, tidak setuju Fabio Quartararo mendapatkan hukuman long lap penalty di MotoGP Inggris 2022. Menurut Aleix, ada pebalap lain yang lebih agresif dari rider Monster Energy Yamaha tersebut, tapi mereka tidak mendapatkan hukuman serupa.

Sebagai informasi, Quartararo dihukum long lap penalty karena menyenggol motor Aleix di seri MotoGP Belanda. Quartararo terjatuh, sementara Aleix yang motornya keluar lintasan bisa kembali melanjutkan balapan, bahkan sukses finis keempat.

Fabio QuartararoInsiden Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro di MotoGP Belanda Foto: (Twitter/MotoGP)

Akibat insiden itu, Stewards MotoGP menjatuhkan hukuman long lap penalty kepada Quartararo. Rider asal Perancis dan Yamaha sempat melontarkan nada protes kepada Stewards, namun hukuman itu tidak dapat ditangguhkan.

Alih-alih mendukung keputusan Stewards MotoGP, Aleix Espargaro sebagai pesaing terdekat dan pihak yang dirugikan dalam insiden itu beranggapan bahwa seharusnya Quartararo bisa bebas dari hukuman tersebut. Sebab ada beberapa pebalap yang bikin celaka pebalap lain, tapi bisa bebas dari sanksi.

"Kami telah melihat beberapa contoh rider yang bahkan lebih agresif darinya (Quartararo) dan tak terkena sanksi. Jika Anda dihukum sekali dan tidak di lain waktu, maka sulit bagi kami untuk memahami apa yang harus dilakukan. Saya pikir kami akan terus balapan seperti biasa, dengan cara agresif tapi benar," kata Aleix dikutip dari Motosan.

Di sisi lain, Aleix akan coba memaksimalkan kesempatan ini untuk finis di depan Quartararo. Dia memprediksi Quartararo akan kehilangan satu detik karena hukuman long lap penalty.

"Dia akan kehilangan sekitar satu detik saat melakukan putaran panjang (long lap penalty) dan jelas saya akan mencoba mengambil keuntungan, saya akan coba untuk mendapatkan banyak poin pada hari Minggu (7/8/2022)," sambung Aleix.

Tapi dia juga sadar jika Quartararo tidak akan menyerah begitu saja. Apalagi Quartararo punya status sebagai juara bertahan di Sirkuit Silverstone, Inggris.

"Tahun lalu dia sangat cepat di sini, jadi saya tidak berpikir (hukuman) itu akan menjadi masalah besar (baginya)," tukasnya.



Simak Video "Begini Jadinya Kalau Pebalap MotoGP Tiru Ibu-ibu Indonesia Naik Motor"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT