ADVERTISEMENT

Rusia Masuk 'Daftar Hitam' MotoGP, Tak Bisa Gelar Balapan Gegara Serang Ukraina

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 25 Jul 2022 18:46 WIB
ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 26: Aleix Espargaro of Spain and Aprilia Racing enters the pitlane during the race of the MotoGP Motul TT Assen at TT Circuit Assen on June 26, 2022 in Assen, Netherlands. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Ilustrasi balapan MotoGP. (Foto: Getty Images/Steve Wobser)
Jakarta -

Sirkuit KymiRing sudah dipastikan tidak bisa menggelar ajang MotoGP tahun 2022. Ada beberapa opsi yang ditawarkan sebagai pengganti mulai dari Portimao, Mandalika, dan Igora Drive di Rusia. Igora Drive bukan sirkuit baru. Beberapa balapan motor kelas dunia Motocross, Superbike, dan bahkan Formula 1 direncanakan bakal digelar di Igora Drive.

Sirkuit Igora Drive telah diperbarui dan disebut lebih menyenangkan untuk menggelar balapan. Sirkuit juga jadi lebih panjang 900 m sehingga totalnya menjadi 5,183 km. Diberitakan Speedweek, tinggi sirkuit per putaran juga meningkat dari 17 menjadi 20,5 meter. Area gravel diperbesar, trotoar diperpanjang serta desain masuk dan keluar pit didesain ulang.

"Konfigurasi baru itu telah memenuhi persyaratan dari Rusia dan asosiasi international," begitu yang tertulis di laman resmi Russian Motorcycle Federation MFR yang ditujukan untuk FIA dan FIM. Igora Drive juga sudah siap untuk digunakan menghelat MotoGP dan Superbike.

Malang buat mereka, sehubungan dengan invasi Rusia ke Ukraina, Sirkuit Igora Drive tak lagi masuk dalam daftar. Kalender balapan di Rusia pun kabarnya ditanggalkan, termasuk untuk menghelat MotoGP. Sebelumnya, Dorna telah memiliki rencana konkret untuk menggelar balapan MotoGP di Sirkuit Igora.

Balapan di Rusia itu semula bakal berdempetan dengan MotoGP Finlandia karena jarak antar keduanya terbilang dekat. Namun rencana itu tampaknya tidak bakal terwujud dalam waktu dekat karena faktor tersebut.

Sekadar informasi, Dorna pada akhir Mei lalu memutuskan untuk mencoret seri MotoGP Finlandia. Ada beberapa alasan yang membuat Dorna, FIM, dan IRTA memutukan batal membawa Fabio Quartararo cs ke negara tersebut.

Dalam pernyataannya, Dorna Sports menyebut pembatalan MotoGP Finlandia 2022 dilakukan lantaran proses homologasi masih terus dilakukan di Sirkuit KymiRing. Selain itu, di sekitar negara Finlandia sedang terjadi konflik perang, yang tentunya menghadirkan risiko tersendiri jika tetap dilaksanakan.



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT