ADVERTISEMENT

Pebalap Honda Sepakat Butuh Motor Baru di MotoGP Biar Kompetitif

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 21 Jul 2022 18:42 WIB
LCR Honda Castrol Spanish rider Alex Marquez speaks to reporters at the Algarve International Circuit in Portimao on April 21, 2021, ahead of the Portuguese Grand Prix MotoGP. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP) (Photo by GABRIEL BOUYS/AFP via Getty Images)
Alex Marquez menyebut Honda butuh perbaikan dari sisi motor supaya bisa kompetitif lagi. Foto: AFP via Getty Images/GABRIEL BOUYS
Jakarta -

Performa Honda di MotoGP musim 2022 belum juga cemerlang. Para pebalap di bawah naungan pun beberapa kali mengeluhkan performa melorot dari motor RC213V tersebut. Tak terkecuali pebalap LCR Honda Alex Marquez.

Penampilan Alex di MotoGP bisa dibilang tidak bagus-bagus amat. Dari 11 balapan digelar, ia baru mengantongi 27 poin dan bertengger di posisi 18. Pencapaian terbaiknya adalah finis di posisi ketujuh MotoGP Portugal.

Untuk itu, Alex Marquez meminta kepada pabrikan Jepang itu melakukan suatu gebrakan agar motor bisa kembali bersaing dengan para rival.

"Bukan hanya saya, semua pebalap Honda butuh perubahan. Tahun lalu kami bekerja dengan sangat baik hingga akhir musim. Marc bahkan memenangkan lima balapan, Pol juga berdiri di podium," kata Alex dikutip Speedweek.

Alex berharap dengan adanya libur musim panas, Honda bisa menyajikan penyegaran pada motor. Terlebih sudah memiliki hasil tes dari Barcelona. Ia juga menjabarkan sederet permasalahan yang dialami Honda dan harus segera diubah supaya lebih kompetitif.

"Masalah kami bukan hanya daya cengkram di ban belakang. Di depan juga terlalu besar atau setidaknya jangan disamakan dengan belakang sehingga kami kehilangan kestabilan. Kami masih bisa untuk memperbaikinya asalkan Honda fokus untuk menyelesaikan itu," beber Alex.

"Semua pebalap Honda setuju kalau kami membutuhkan motor baru untuk musim ini. Honda pun menginginkannya. Tapi di situasi tertentu apapun bisa terjadi dan tidak sebaik yang kami harapkan. Kami harus menerima situasi itu dan segera memperbaikinya," sambung pebalap berkebangsaan Spanyol itu.

Alex sendiri kini tinggal menghabiskan sisa musim bersama Honda. Tahun depan, adik Marc Marquez itu bakal menunggangi motor Ducati bersama dengan tim Gresini. Alex bakal berdampingan dengan Fabio Di Giannantonio di balapan musim depan.



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT